Kelompok UMKM Kelud Mandiri Gelar Vaksinasi dan Pengobatan Gratis

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.co.id – Gandeng Puskesmas Ngasem Kelompok UMKM Kelud Mandiri gelar pengobatan gratis, bertempat di Pondok Labu Madu, Dusun Besuk, Desa Toyo Resmi, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Kamis (19/5/2022).

Pengobatan gratis tersebut diikuti oleh kurang lebih sekitar 85 orang dari pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah serta masyarakat umum warga desa setempat.

Giat ini sekaligus merupakan kegiatan vaksinasi diperuntukkan bagi warga yang belum tervaksin baik vaksin 1-2 dan booster. Kegiatan berjalan pagi hingga siang hari sekira Jam 1:30 WIB  dengan pengawasan anggota jajaran Polsek Ngasem .

Dr.Lusy Munawaroh, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri yang bertugas di Puskesmas Ngasem dalam giat ini juga memberikan penyuluhan terkait PTM (Penyakit Tidak Menular) dan penyakit kronis degeneratif. “PTM (Penyakit Tidak Menular) merupakan penyakit yang tidak ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis). Penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman termasuk penyakit kronis degeneratif antara lain penyakit Jantung, Stroke, Diabetes Mellitus, Kanker, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Cedera dan Gangguan Indera dan Fungsional. Penyakit yang disebabkan oleh perilaku dan lingkungan yang tidak sehat. Penyakit yang tidak ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis),” paparnya.

“Penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman termasuk penyakit kronis degeneratif antara lain penyakit Jantung, Stroke, Diabetes Mellitus, Kanker, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Cedera dan Gangguan Indera dan Fungsional. Penyakit yang disebabkan oleh perilaku dan lingkungan yang tidak sehat,”imbuhnya.

Sementara itu di tempat yang sama Gatot GTT, selaku Ketua UMKM Kelud Mandiri Kabupaten Kediri. Mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan Puskesmas Ngasem, yang telah memberikan pelayanan kesehatan sekaligaus vaksinasi kepada peserta.

“Kita bisa lihat dari warga setempat, banyak tadi yang lansia, dan pelaku UKM muda memeriksakan kesehatanya secara bergilir. Mulai pendaftaran, timbang badan, cek tekanan darah, cek gula darah, cek kolestrol juga cek asam urat. Selain itu juga konsultasi kesehatan di tempat ini. Tadi ada 62 orang ikut vaksinasi dan seluruh peserta mengikuti pemeriksaan kesehatan PTM (Penyakit Tidak Menular),” pungkasnya. (Red.BMK-Cakas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL