Malang, www.beritamadani.co.id – Pj Wali Kota Wahyu Hidayat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Jatimulyo, Kota Malang. Minggu (5/5/2024).

Kedatangannya, yakni untuk meninjau langsung TPS usai dikeluhkan warga soal bau tak sedap yang menganggu aktifitas.

Wahyu mengatakan, TPS tersebut mencakup hingga 11 RW di kawasan Jatimulyo, Kota Malang. Ia juga menduga, bau tak sedap tersebut datang dari sampah yang tergenang air hujan hingga meluber ke jalanan.

“TPS ini memang dari 11 RW yang buang sampah di sana. Apalagi kalau udah penuh dan hujan, itu ada aliran yang mengarah ke jalan dan baunya kemana mana,” ujar Wahyu, Minggu (5/5/2024).

Pria murah senyum ini mengatakan, petugas pemungutan sampah sudah ada, dan terbagi dalam tiga shift. Namun, ia juga mengaku meski sudah dibersihkan, namanya sisa sampah yang terkena genangan air hingga meluber ke jalan masih membuat aroma tak sedap dan menganggu masyarakat sekitar.

“Memang selalu habis (usai dipungut oleh petugas sampah). Tapi, saat hujan ada bekas sampah yang ke jalan,” jelas wahyu

Oleh sebab itu, Wahyu mengharap tindakan cepat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus segera menyelesaikan permasalahan ini.

“Saya minta Kadis (Kepala Dinas) LH (Lingkungan Hidup) agar bisa menjaga sampah  agar tak meluber ke jalan,” Imbuhnya.

Saat ditanya apakah perlu TPS dipindahkan, menurut Wahyu tidak perlu. Semua ini hanya perlu pengelolaan yang baik dari DLH dan masyarakat.

“Dibuat sedemikian rupa, pasti ada tekniknya untuk mencegah bau kemana mana. Jadi tidak perlu pindah, tinggal kelola yang baik,” pungkas  Pj Wali Kota Malang ini.

Dalam sidak ini Pj Wali Kota Malang didampingi oleh Camat Lowokwaru, Sekretaris DLH, Lurah Jatimulyo, Ketua RW 05, Asisten Diyah Ayu Kusuma Dewi, serta jajaran yang lainnya.(Yuni)

Previous post <strong>Cari Referensi Tradisional Wedding? Yuk Mampir ke Grand Mercure Malang Mirama!</strong>
Next post <strong>30 Owner Batik Malang Sepakat, Shibori Bukan Batik</strong>