Blitar, www.beritamadani.co.id – Para budayawan dan komunitas dari wilayah Kota dan Kabupaten Blitar berbaur, menggelar Doa Lintas Agama dan Renungan Budaya dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, bertempat di Istana Gebang, Kamis (19/5/2022).

Giat ini sebagai momentum menjelang peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022, merupakan perwujudan dari para budayawan dalam mengaktualisasikan diri sebagai persembahan bagi para tokoh-tokoh bangsa yang telah berjuang demi kemerdekaaan negara Republik Indonesia dengan berdoa bersama, juga dilandasi akan kondisi bangsa dan negara yang masih dirundung pandemi Covid-19, dan Kota Blitar merupakan kota yang pertama kali dinyatakan sebagai kota dengan pencapaian level 1.

Para rohaniwan dari lintas agama memanjatkan doa bersama, hal ini merupakan sebuah ikhtiar batiniah dengan isi doa memohon pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan keyakinan bahwa tidak ada yang bisa membantu kecuali Tuhan Yang Maha Esa seru sekalian alam. 

“Kegiatan doa lintas agama dan renungan budaya dimaksudkan sebagai sarana silaturahmi, menyatukan hati serta sebagai perekat persatuan dan kesatuan ditengah adanya berbagi persoalan bangsa dan telah terjadinya wabah di negara Indonesia tercinta,” terang Ki Yoyok, budayawan dari Lembaga Pelestari Budaya Masyarakat/LPBM “Lensa Mas” Blitar.

“Doa Lintas Agama dan Renungan Budaya yang digelar para budayawan inipun terselenggara secara gotong-royong dan rasa keikhlasan sesuai dengan tema yang diusung “Bangkitnya Semangat Gotong-royong Persembahan Bagi Tokoh Bangsa”, dan dilanjutkan pemotongan tumpeng dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional serta kegiatan diskusi perenungan budaya yang dikemas dalam bentuk diskusi  tentang budaya utamanya makna budaya yang memiliki pengertian dan cakupan yang luas, dan inipun telah tertuang secara gamblang dalam ajaran TRISAKTI dari Bapak Pendiri Bangsa dan Proklamator kita Bung Karno yakni berkepribadian dalam bidang budaya,” imbuhnya. (Ich/Red.BMK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kelompok UMKM Kelud Mandiri Gelar Vaksinasi dan Pengobatan Gratis
Next post Perkuat Jaring Usaha BNI Ambil Alih Bank Mayora dan Mendirikan BNI Modal Ventura