Selamatan Group Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo

dsc02855 dsc02830

Kediri, Beritamadani.co.id  – Seni Jaranan Kuda Kepang Putro Joyoboyo, mengadakan ritual selamatan dalam rangka penutupan Bulan Suro, di Petilasan Sri Aji Jayabaya, Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Acara ini dimulai Pukul 07.00 WIB. Acara ritual ini dipimpin oleh Setyo Budi dan Mbah Seri. Sebelum dimulai semua perlengkapan yang akan digunakan untuk pertunjukan termasuk kuda kepang, pecut (cemeti), barongan, caplokan dan lain sebagainya dibawa ke tempat ritual khusus.

Setelah mengadakan ritual doa khusus, dilanjutkan dengan selamatan di Pendopo Petilasan Sri Aji Jayabaya yang dipimpin oleh Mbah Misri, sebagai juru kunci Petilasan Sri Aji Jayabaya. Dalam doanya, Mbah Misri memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya memberikan kesehatan, keselamatan, kelanggengan, kerukunan dan keharmonisan Group Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo. Kemudian dilanjutkan dengan kembul bujono (makan bersama) dengan seluruh Crew Putro Joyoboyo dan masyarakat sekitar.

dsc02834 dsc02814

Tepat Pukul 08.00 WIB, mengawali kirab keliling kampung mengadakan pentas kuda kepang di depan pintu masuk Petilasan Sri Aji Jayabaya. Setelah pentas dilanjutkan dengan kirab keliling kampung. Setyo Budi Pimpinan Group Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo  berada diurutan paling depan kirab kemudian diikuti seluruh crew Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo dan paling belakang truk pengangkut gamelan, yogo, sinden dan mc Ki Suratin.

Sepanjang perjalanan Ki Suratin memberikan informasi bahwa mulai Pukul 15.00 WIB sampai Pukul 24.00 WIB ada Pertunjukan Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo di Sendang Tirto Kamandanu dalam rangka penutupan Bulan Suro.

dsc02779 dsc02819

Saat dikonfirmasi Awak Beritamadani.co.id, Setyo Budi, selaku Pimpinan Group Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo, menyampaikan, “Tujuan diadakan acara ini adalah menjaga kerukunan antar anggota group supaya group ini bisa langgeng dan nguri-nguri (melestarikan) Kesenian Tradisional asli Kediri. Dulu yang kirab (keliling) kampung hanya pemain inti, kalau sekarang semua Keluarga Besar Group Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo ikut kirab keliling kampung”.

Semua peserta kirab sampai di Sendang Tirto Kamandanu Pukul 11.00 WIB dan mulai persiapan untuk pertunjukan. Tepat Pukul 15.00 WIB pertunjukan Kesenian Kuda Kepang Putro Joyoboyo dimulai. Kerukunan dan kekompakan warga sangat terlihat jelas. Ini terbukti dengan adanya antusias penonton yang sangat tinggi. Mulai anak-anak sampai orang tua menyaksikan Pentas Seni Kuda Kepang Putro Joyoboyo dengan tertib. (Widya)

 26 total views,  2 views today

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL