Menanam Cengkeh Di Daerah Pesisir Sidomulyo Pacitan Tetap Menghasilkan

IMG20160714174101IMG20160714181053

Pacitan, Beritamadani.co.id – Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terletak di Pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Mayoritas penduduk desa disini menggantungkan hidupnya kepada hasil alam yaitu dengan melaut dan bercocok tanam, baik pertanian maupun perkebunan. Salah satu hasil perkebunan di desa Sidomulyo adalah cengkeh.

Sogimun, salah satu Warga Dusun Kahuripan, Dusun Krajan, Desa Sidomulyo, menuturkan: “Alhamdulillah, tahun ini kebun cengkeh saya, tanaman cengkeh berbunga”. “Walaupun belum semua pohon cengkeh berbunga, tapi saya tetap bersyukur, karena sudah lama saya menunggu hasil tanaman cengkeh ini”. “Dulu cengkeh tidak ada harganya, maka dari itu banyak warga yang menebang pohon cengkeh mereka,mudah-mudahan harga cengkeh lebih stabil saat ini dan bahkan lebih mahal dari sekarang”.

IMG20160714185410IMG20160714175128

Di tempat terpisah, Awak Beritamadani.co.id, menemui Jumi, salah satu pemilik kebun cengkeh. Jumi menceritakan. “Kebun cengkeh milik saya jarak dengan rumah ini, sekitar 3Km”. “Saya tempuh dengan jalan kaki, karena harus naik bukit,untuk memetik bunga cengkeh ini, dalam sehari saya mengeluarkan biaya Rp. 30.000,- untuk ongkos orang yang memetik bunga cengkeh, karena rata-rata ketinggian  Pohon Cengkeh 5 Meter”. “Hasilnya 1 kebo (1 sak ukuran 25kg, red), untuk 1 Pohon Cengkeh dalam sehari”.

“Harga bunga cengkeh kering ini, berkisar antara Rp. 86.000,- sampai dengan Rp. 90.000,- tergantung kwalitas”. Untuk Daun Cengkeh yang sudah kering harganya Rp. 2.500,- per Kg sedangkan badal (gagang cengkeh,red) Rp. 5.000,- per Kg”, lanjut Jumi.

Berdasarkan pantauan Awak Beritamadani.co.id, 1 sak ini masih bercampur antara daun, badal (Gagang Cengkeh,red) dan Bunga Cengkeh. Ini harus dipisahkan dahulu baru kemudian dijemur. Bunga Cengkeh yang masih basah, harga jualnya sangat murah. Sehingga masyarakat enggan untuk menjual bunga cengkeh yang masih basah, kebanyakan menjual kalau sudah benar-benar kering. Masyarakat berharap kepada pemerintah agar memperhatikan petani cengkeh supaya harga cengkeh tetap stabil. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL