Kota Kediri, www.beritamadani.co.id – Upaya DPUPR Kota Kediri untuk menanggulangi banjir, salah satunya dengan membersihkan sampah yang berada di bawah Jembatan Lama, Kota Kediri.

Endang Kartika Sari, S.T., M.M., beberapa hari yang lalu menyampaikan bahwasanya kegiatan tersebut adalah kegiatan agenda rutinitas tahunan Dinas PUPR pada musim penghujan agar Kota Kediri terbebas dari banjir salain itu merupakan salah satu upaya perawatan Jembatan Lama dari derasnya arus Sungai Brantas.

“Dimusim penghujan dengan intensitas curah hujan yang sangat tinggi sehingga membawa beberapa sampah dan pohon bambu yang mengakibatkan menyangkut di tiang penyangga Jembatan Lama, dan ini sangat membahayakan kondisi jembatan yang sudah sangat tua usianya,” ujar Endang.

“Saya berharap  agar  warga masyarakat ikut merawat dan melestarikan dengan tidak sembarangan membuang sampah di Jembatan Lama, jembatan yang memiliki nilai sejarah dan merupakan cagar budaya bangsa yang harus dilestarikan keberadaannya”, pungkas Endang.

Dilansir dari Wikipedia, Foto Jembatan Lama yang dipotret sebelum tahun 1922 dengan Koordinat 7°48′50″S 112°0′26.65″E, moda transportasi kendaraan R2 dan pejalan kaki, melintasi Sungai Brantas, lokal Kota Kediri, Jawa Timur. Jembatan Lama mempunyai nama resmi yakni Jembatan Brug Over den Brantas te Kediri dengan karakteristik desain jembatan besi, bahan baku besi, panjang total 160 m, lebar 5.80 m, tinggi 7.50 m. Menurut sejarah, Jembatan Lama mulai dibangun tahun 1855 dan selesai dibangun tahun 1869. (Dinas PUPR Kota Kediri-Cakas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Tanggapan Tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren Ditanggapi oleh Bapemperda Kota Malang</strong>
Next post <strong>Mas Dhito Fasilitasi Pelatihan Keterampilan Bagi Remaja Putus Sekolah</strong>