Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Akhir-akhir ini kondisi cuaca ekstrem melanda Kota Malang. Curah hujan yang tinggi disertai angin kencang menyebabkan banjir bandang dan pohon tumbang. Hal tersebut menjadi perhatian khusus dan kewaspadaan Pemkot Malang. Cuaca buruk ini diperkirakan masih akan terus berlangsung, hingga akhir Februari 2022 ini.

Untuk meningkatkan kewaspadaan atas kondisi tersebut Wali Kota Malang Sutiaji mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk waspada. Sekecil apapun informasi akan cuaca yang didapat oleh Pemkot Malang, akan disebarluaskan kepada masyarakat.

“Cuaca di Kota Malang saat ini sudah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Nanti kami minta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang bisa menyebarluaskan informasi tersebut,” tegas Sutiaji.

Informasi tersebut bisa dibuat dalam bentuk infografis atau semacamnya. Hal ini diharapkan agar masyarakat mudah memahami dan lebih waspada. Sehingga, dapat meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

“Jadi kita coba untuk melakukan mitigasi bencana dengan lebih baik. Supaya tidak ada korban akibat adanya bencana yang kita tidak tahu kapan datangnya,” sambungnya.

Seperti kejadian di Kantor Kecamatan Blimbing beberapa hari lalu, yang mana terjadi angin puting beliung yang luar biasa hingga memakan korban jiwa. Selain itu, kejadian pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang.

Karena itu, Sutiaji meminta siapa saja baik masyarakat hingga pejabat wilayah untuk ikut aktif memantau kondisi di wilayahnya. Sehingga, bila ditemui pohon yang sudah dalam kondisi berumur dan memprihatinkan untuk sigap melapor kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

“Saya minta Pak Lurah dan Pak RW, kalau ada pohon-pohon dengan kondisinya memprihatinkan untuk dilakukan penanganan. Jika memang ada hubungannya dengan Pemerintah Kota Malang, segera hubungi DLH atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” tegas orang nomor satu di Pemkot Malang ini. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sasana-sasana Tinju Kota Malang Gelar Muskot, Tentukan Kepengurusan Pertina Masa Bakti 2022-2026
Next post Lengah Pengawasan Seorang Anak Terseret Arus Yang Sangat Deras di Parit