Tahu Kuning Merupakan Salah Satu Produk Unggulan Dari Kota Kediri

SAM_1012aSAM_1013a

Kediri,Beritamadani.co.id – Kota Kediri merupakan Kota Penghasil Tahu yang sudah terkenal sampai dimana-mana. Olahan hasil Industri Tahu Kediri sering kita jumpai mulai dari Stick Tahu dan Tahu Kuning yang menjadi ciri khas Tahu Kediri.
Stick Tahu dan Tahu Kuning Khas Kediri sangat digemari semua kalangan masyarakat dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Selain menjadi camilan yang enak, renyah dan gurih, olahan Tahu Kuning Kediri sangat cocok untuk melengkapi sajian menu sarapan,makan siang dan makan malam bagi penggemar tahu.
Seringkali kita, ketika sedang menikmati olahan tahu, terlintas di benak kita bagaimana cara pengolahan Tahu Kuning Kediri.
Berdasarkan penjelasan yang disampaikan kepada Beritamadani.co.id, Biro Kediri, 20/5, dari salah satu Pemilik Home Industri Tahu Khas Kediri, Cara Membuat Tahu Kuning Kediri sbb:
Bahan pembuatan tahu:
1. Kedelai
2. Garam dapur
3. Cuka
4. Pewarna alami warna kuning (kunyit)
Proses pembuatan tahu
1. Siapkan kedelai, rendam sampai agak lunak, buang airnya dan cuci bersih kemudian tiriskan.
2. Kedelai digiling sampai halus.
3. Masukkan ke dalam jedi (wajan besar) tambahkan air secukupnya, kemudian rebus sampai masak.
4. Ambil residu (kotoran) yang mengapung saat kedelai di rebus supaya hasil tahu lebih bagus.
5. Bila diperuntukkan untuk pembuatan tahu kuning, tambahkan 2 genggam (1 mud) garam dapur.
6. Setelah mendidih dan kelihatan mengental (koloid nya), kemudian di tuang ke jedi lain untuk pendinginan sambil di buang sisa kotoran yang masih ada.
7. Tambahkan cuka secukupnya. Cuka berfungsi sebagai penghilang bau dan rasa pahit.
8. Dalam keadaan hangat-hangat kuku, masukkan ke dalam petak kayu yang sudah di lapisi kain putih kemudian di pres untuk mengeluarkan airnya. Khusus tahu kuning, proses pengepresan agak lama. 1 petak pres, rata-rata membutuhkan 7 kg kedelai dan bisa menghasilkan 64 biji tahu. Proses pengepresan membutuhkan waktu sekitar 60 menit.
9. Setelah proses pengepresan selesai, potong tahu sesuai ukuran menjadi 64 biji tahu.
10. Khusus untuk tahu kuning, setelah di potong sesuai ukuran kemudian di rebus kembali guna menambahkan zat warna kuning alami.

SAM_1021aSAM_1022a

 

Penjelasan detail pembuatan Tahu Kuning Kediri tersebut mengingatkan kita bagaimana cara membuat Tahu Kuning Kediri yang baik untuk kesehatan, karena tanpa bahan pengawet, Tahu Kuning Kediri tetap enak dan tahan lama. Tegantung trik dan tips kita, disiplin dalam pemilihan kualitas bahan, proses pembuatan yang benar dan merawat setelah olahan jadi dan siap dijual. Bila anda tertarik dengan Tahu Kuning Kediri dan variasi olahannya, silakan mampir ke Kota Tahu Kediri, Jawa Timur, Indonesia. (Made Sumadi)

You may also like...

3 Responses

  1. novan says:

    sip mantap

  2. Yang bener masa 7kg kedelai cuman jadi 64 biji tahu?? Tolong dikoreksi.

    • madani says:

      Dear Sahabat Madani,
      Terimakasih responnya, masukan, koreksi merupakan hal yang baik bagi kami.
      Kami akan melakukan konfirmasi ulang ke pabrik tahu tersebut…,memang untuk tahu kediri standart,1 besek bisa diisi 8-10 biji, dengan estimasi berat sd 1 kg.
      Tentunya berbeda dengan jenis tahu pong….tahu bakso dan lainnya.
      Klo sahabat pembaca berkenan ikut serta …bisa….ada beberapa sentra tahu yang tergabung dengan UMKM Kelud Mandiri, untuk sebagai pembanding.

      Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL