Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Malang, Babinsa Koramil 0833/01 Klojen, Kelurahan Kasin, Serda Eka Setyadi bersama Bhabinkamtibmas, dan warga masyarakat, melaksanakan evakuasi membantu menangani bencana tanah longsor yang terjadi di wilayah RT.08 RW.03 Kelurahan Kasin, pada Selasa (9/1/2024).

Tanah longsor tersebut disebabkan hujan dengan intensitas tinggi hingga mengakibatkan bencana tanah longsor yang mengakibatkan 2 rumah warga mengalami rusak, adapun data rumah yang diakibatkan tanah longsor sebagai berikut:

1. Nama               : Joko Wicaksono

     Umur               : 48 tahun

     Agama             : Islam

     Pekerjaan      : Swasta

     Alamat             : Jl.Kasin Gg. Kramat , RT.08 RW.03 Kelurahan Kasin, Kota Malang

2. Nama               : Mat Raji

     Umur               : 58 tahun

     Agama             : Islam

     Pekerjaan      : Swasta

     Alamat             : Jl.Kasin Gg Kramat , RT.08 RW.03 Kelurahan Kasin, Kota Malang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun rumah mengalami kerusakan serta mengalami kerugian material kurang lebih Rp.70 juta akibat tanah longsor.

Dengan adanya tanah longsor tersebut, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas, dan masyarakat sekitar melakukan gotong-royong membersihkan material longsor. Babinsa bersama warga bahu membahu mengevakuasi barang barang Korban tanah longsor.

Dalam keterangannya di lapangan, Babinsa Koramil 0833/01 Kelurahan Kasin, Serda Eka Setyadi  mengatakan bahwa, kegiatan gotong-royong tersebut merupakan wujud kepedulian sosial, sebagai upaya membantu mengatasi kesulitan warga, terutama warga yang sedang mengalami musibah bencana alam.

“Kami selalu memantau dan monitoring wilayah binaan setiap saat, sehingga apabila terjadi bencana alam, kami cepat untuk melakukan penanganan,” ungkapnya.

Mengingat wilayah rawan terjadi bencana alam, Babinsa Kasin juga menghimbau kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam. Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan memastikan jalur evakuasi aman, guna menghindari korban jiwa,” tuturnya.

Dengan adanya bencana tanah longsor tersebut Pj. Danramil 0833/01 Klojen Lettu Inf Kieswo Sudigdo memerintahkan Babinsanya untuk datang dan membantu evakuasi awal barang-barang untuk diamankan serta melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait.

“Saat ini hujan masih sering turun hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Untuk itu perlu melakukan pemantauan terhadap lingkungan disekitar kita. Sekiranya ada tanda-tanda longsor seperti pohon atau tiang miring, ada retakan mendengar suara gemuruh maka segera laporkan kepada aparat terkait guna diambil langkah – langkah penyelamatan untuk mengurangi korban,” pungkasnya. (Yuni)

Previous post <strong>Dandim 0833 Kota Malang Silaturahmi dengan Malang Peduli Demokrasi (MPD)</strong>
Next post <strong>Masa Depan Demokrasi Jika Dinasti Jokowi Menang</strong>