(Foto by www.Pexels.com)

Jakarta, www.beritamadani.co.id – Anak-anak menghabiskan lebih banyak waktunya di sekolah. Orang tua wajib waspada karena ada banyak sekali benda di sekolah yang menjadi sarang kuman. Pastikan anak-anak paham dan terbiasa untuk mencuci tangan secara rutin. Keberadaan kuman di sekitar anak memang sulit dihindari tapi anak bisa melawannya dengan cuci tangan dan jaga kebersihan diri.

Benda di Sekolah yang Rawan Sarang Kuman

Ada begitu banyak kuman yang ada di lingkungan anak-anak. Apalagi jika anak sedang beraktivitas di sekolah. Pastikan anak paham apa saja benda-benda yang menjadi sarang kuman agar mereka lebih waspada. Berikut ini deretan benda yang rawan menjadi sarang kuman di sekolah anak:

  1. Pegangan Pintu

Pertama ada pegangan pintu yang pasti dihinggapi banyak kuman karena selalu disentuh oleh banyak orang. Saat membuka dan menutup pintu, siswa maupun guru akan memegang bagian pegangan tadi. Padahal kita tidak pernah tahu tangan yang dipakai untuk memegang bagian tersebut sudah menyentuh apa saja sebelumnya. Tidak heran jika bagian ini pasti menjadi sarang kuman.

  • Meja

Salah satu benda yang juga bisa jadi sarang kuman di sekolah adalah meja. Sama halnya seperti pegangan pintu, meja juga disentuh oleh banyak orang. Kuman dari tangan-tangan yang menyentuh meja tersebut akan menetap di sana. Padahal meja menjadi tempat belajar dan pasti akan bersentuhan langsung dengan kulit anak di sekolah.

  • Kursi

Tempat duduk di sekolah juga rawan dihinggapi kuman. Sama halnya seperti meja, kursi juga disentuh oleh banyak orang. Kursi bisa menjadi sarang kuman yang wajib diwaspadai oleh anak-anak. Apalagi di bagian sandaran kursi yang biasanya dipegang oleh tangan-tangan penuh kuman.

  • Penghapus Papan Tulis

Benda di sekolah berikutnya yang juga kaya akan kuman adalah penghapus papan tulis. Benda ini pasti akan disentuh oleh banyak orang baik guru maupun siswa. Mereka akan menyentuh penghapus papan tulis secara bergantian dan kuman-kuman bisa berkumpul di sana. Apalagi benda ini terbilang jarang dibersihkan apalagi dicuci pakai sabun.

  • Kunci Pintu dan Jendela

Jika ada kunci pintu dan jendela, sudah pasti benda ini banyak dihinggapi kuman. Bagian ini juga sering disentuh jadi sudah pasti ada banyak kuman yang berkembang di sana. Tidak hanya guru dan siswa, bagian kunci pintu maupun jendela juga sering disentuh oleh penjaga sekolah. Jadi ada banyak sumber kuman yang mungkin menghinggapi bagian kunci tersebut.

  • Tas Sekolah

Tahukah Anda ternyata tas sekolah yang dibawa para siswa juga berpotensi jadi sarang kuman. Biasanya anak-anak menyentuh tas sekolah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Belum lagi kalau tas diletakkan di kursi, meja, dan di lantai sekolah. Sudah pasti ada banyak kuman yang berkembang di benda tersebut.

Nah, ternyata ada begitu banyak benda yang berpotensi menjadi sarang kuman di sekolah. Anda sebaiknya membiasakan anak untuk mencuci tangan apalagi setelah pulang dari sekolah. Sediakan sabun cuci tangan anti bakteri yang dapat Anda beli di platform e-commerce Blibli. Ada banyak pilihan varian produk sabun cuci tangan dengan penawaran harga terbaik dari Blibli. (Red.BMK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>DPRD Kota Malang Bahas Dua Ranperda Bersama Eksekutif</strong>
Next post <strong>PAN Kota Malang dengan Diiringi Tarian Tradisional Daftarkan Bacalegnya ke KPU</strong>