Jombang, www.beritamadani.co.id – Dalam rangka menyambut Harlah yang ke-3 ABPEDNAS Kabupaten Jombang mengadakan sarasehan yang bertajuk “Teknik Pengawasan dan Teknik Pelaporan BPD”. Acara ini diselenggarakan di Ruang Bung Tomo Gedung Pemkab.Jombang, Jawa Timur. Pada Rabu (22/02/2023).

Sarasehan ini dihadiri oleh Ketua DPC ABPEDNAS Nganjuk, Bojonegoro, dan Lamongan, Ketua PAC ABPEDNAS se-Kabupaten Jombang, Ketua BPD se-Kabupaten Jombang. dan sebagai narasumber adalah Beni Saputro Kasi Intel Kajari Jombang, dan Ketua Inspektorat Kabupaten Jombang .

Acara dimulai dengan pemotongan kue ulang tahun dan dilanjutkan memotong tumpeng sebagai peringatan HUT yang ke-3 ABPEDNAS Jombang. Suasana tampak meriah ketika Abdul Wachid Ketua ABPEDNAS Kabupaten Jombang meniup lilin ulang tahun yang disambut dengan lagu selamat hari ulang tahun .

Sebelum acara inti yaitu sarasehan dimulai dengan sambutan Ketua Panitia perayaan HUT yang ke-3 ABPEDNAS.

Dalam sambutannya Ketua Panitia mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh anggota ABPEDNAS Kabupaten Jombang yang selalu kompak dan mendukung sepenuhnya acara peringatan HUT ABPEDNAS kali ini, sehingga bisa terlaksana dengan baik dan lancar .

Sedangkan Abdul Wachid, S.H., yang merupakan Ketua DPC ABPEDNAS Jombang dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam peringatan HUT yang ke-3 ABPEDNAS Kabupaten Jombang ini, ada yang istimewa, selain bersukaria mengadakan tasyakuran, panitia juga mengadakan sarasehan yang tujuannya untuk menambah ilmu pengetahuan bagi anggota ABPEDNAS Jombang, dengan narasumber Kasi Intel Kajari, dan Kepala Inspektorat Kabupaten Jombang.

“Pada sarasehan kali ini mengambil tajuk Teknik Pengawasan dan Teknik Pelaporan,” Kata Ketua DPC ABPEDNAS Jombang ini .

Disamping itu Abdul Wachid juga menyampaikan bahwa serangkaian acara peringatan HUT yang ke-3 tahun 2023 ABPEDNAS, terkait pembiayaan murni swadaya seluruh anggota ABPEDNAS Jombang tanpa ada bantuan dari manapun

Sedangkan sambutan kedua sekaligus membuka acara Sarasehan disampaikan Gus Ari yang merupakan Wakil Ketua DPD ABPEDNAS .

Dalam sambutan nya Gus Ari menyampaikan sangat kagum dan bangga, juga memberikan apresiasi yang mendalam  kepada ABPEDNAS Kabupaten Jombang karena dari 21 Kecamatan semua sudah membentuk kepengurusan di tingkat PAC, selain itu ABPEDNAS Kabupaten Jombang tampak selalu kompak ini dibuktikan dengan terselenggaranya acara HUT yang ke-3, dengan meriah.

Acara siang itu dilanjutkan dengan Sarasehan.

Beni saputro selaku Kasi Intel Kajari Jombang memberikan materi yang pertama. Beni banyak menyampaikan teknik dalam pengawasan penggunaan APBDES dan pembangunan yang dilakukan Pemerintahan Desa, disamping itu Kasi Intel Kajari Jombang yang baru ini banyak menceritakan pengalamannya selama bertugas di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan Agung Kepala Inspektorat Kabupaten Jombang dalam materinya menyampaikan  peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh oknum di Pemdes untuk melakukan penyimpangan anggaran dan menyampaikan kepada seluruh anggota BPD untuk berani melakukan cek dan ricek, juga berani memanggil Kepala Desa untuk meluruskan apabila menemukan suatu hal yang dianggap menyimpang. Sarasehan tersebut tampak seru dan para anggota BPD yang hadir kelihatan khidmat mendengarkan materi yang disampaikan oleh kedua nara sumber .

Sewaktu sesi tanya jawab banyak sekali para peserta yang mempergunakan kesempatan itu untuk bertanya kepada nara sumber, saking serunya acara tersebut tidak terasa waktunya sudah melebihi waktu yang ditentukan oleh Panitia .

Beni Saputro Kasi Intel Kajari Jombang saat ditemui para awak media seusai acara menyampaikan.

“Kami dari Kejaksaan Negeri Jombang membuka peluang komunikasi untuk sharing bareng-bareng, karena peran BPD sangat vital untuk kelancaran pembangunan di Desa juga agar BPD bisa menjadi check and balance yang natural dari masyarakat”. Gagas Kasi Intel kajari Jombang .

Sedangkan Agung Kepala inspektorat Kabupaten Jombang menyampaikan sangat mendukung sepenuhnya acara sarasehan hari ini .

“Kami dari pihak Inskpektorat sangat mendukung kegiatan sarasehan semacam ini karena bisa menambah ilmu dan wawasan bagi anggota BPD, agar kedepannya BPD benar-benar bisa menjalankan fungsinya sebagai controling dalam setiap kegiatan pembangunan di desa, karena semua bertujuan untuk kemakmuran masyarakat, dan saya berharap hal semacam ini bisa sering dilakukan pada momen-momen tertentu agar kedepannya BPD sebagai mitra Pemdes bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik”. Ungkap Agung

Sedangkan Abdul Wachid Ketua ABPEDNAS Kabupaten Jombang menjelaskan kenapa nara sumbernya tadi diambilkan dari Kejari dan Inspektorat .

“Tajuk sarasehan hari ini Teknik Pengawasan dan Teknik Pelaporan makanya nara sumbernya kami datangkan dari Inspektorat, karena salah satu fungsi BPD adalah pengawasan dan pihak Inspektoratlah yang memahami program-program dan penggunaan anggaran di desa, disamping itu inspektorat merupakan tim audit internal. sedangkan untuk teknik pelaporan pihak kejaksaan sangat memahami dasar hukum terkait pengggunaan anggaran terutama anggaran Dana Desa, agar selalu tepat sasaran .

Dengan adanya sarasehan kali ini harapan kami teman-teman BPD lebih memahami fungsinya sebagai pengawas dan kontroling agar pembangunan di desa bisa tepat sasaran dan tidak ada penyelewengan anggaran”. Pungkas Abdul Wachid, S.H., yang kesehariannya merupakan seorang pengacara. (Sobi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Mentan SYL Yakin Kolaka Tetap Menjadi Daerah Penghasil Kakao Terbaik</strong>
Next post <strong>Pedagang Harus Punya Aplikasi Simirah Agar Bisa Mendapatkan Minyak Bersubsidi dari Diskopindag</strong>