Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Babinsa Koramil 0833/04 Sukun Kelurahan Gadang, Peltu Sugiyanto, dan Sertu Sofyan, bersama Relawan PMI, dan warga masyarakat, melaksanakan karya bakti membantu menangani bencana tanah longsor di bibir Sungai  Brantas, Jl. Raya Gadang Gg.VII RT 01/RW 11, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Minggu (5/2/2023).

Tanah longsor tersebut disebabkan hujan dengan intensitas tinggi hingga mengakibatkan tebing longsor menimpa rumah Yahya Sukiono yang beralamatkan, Jl. Raya Gadang VII No.20 RT. 11/RW. 01, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang, sehingga mengakibatkan atap kamar depan rusak tertimpa material longsoran.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun rumah mengalami kerusakan akibat tertimpa tanah longsor.

Dengan adanya tanah longsor tersebut, Babinsa bersama Relawan PMI dan masyarakat sekitar melakukan gotong-royong membersihkan material longsor dan perbaikan rumah warga dengan alat seadanya.

Dalam keterangannya di lapangan, Babinsa Koramil 0833/04 Kelurahan Gadang Peltu Sugiyanto mengatakan bahwa, kegiatan gotong-royong tersebut merupakan wujud kepedulian sosial, sebagai upaya membantu mengatasi kesulitan warga, terutama warga yang sedang mengalami musibah bencana alam.

“Kami selalu memantau dan monitoring wilayah binaan setiap saat, sehingga apabila terjadi bencana alam, kami cepat untuk melakukan penanganan”, ungkapnya.

Mengingat wilayah rawan terjadi bencana alam, Babinsa Gadang juga menghimbau kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam. Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan  memastikan jalur evakuasi aman, guna menghindari korban jiwa”, tuturnya.

Dengan adanya bencana tanah longsor tersebut Danramil 0833/04 Sukun Kapten Arm Hadi Supratikno memerintahkan Babinsanya untuk datang dan membantu membersihkan material longsor dan memperbaikinya agar nanti rumah cepat bisa ditempati kembali. Tidak lupa saat kegiatan tersebut harus memperhatikan faktor keamanan mengingat saat ini hujan sewaktu-waktu bisa turun, yang bisa menyebabkan longsor susulan.

Saat ini hujan masih sering turun dengan intensitas yang cukup tinggi dan lama. Untuk itu perlu melakukan pemantauan terhadap lingkungan di sekitar kita. Sekiranya ada tanda-tanda longsor seperti pohon atau tiang miring, ada retakan mendengar suara gemuruh maka segera laporkan kepada aparat terkait guna diambil langkah-langkah penyelamatan untuk mengurangi korban,” pungkas Peltu Sugiyanto. (*/Red.BMK-Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Inflasi Bulanan Kota Malang Tercatat Paling Rendah di Jawa Timur</strong>
Next post <strong>Panglima TNI Pimpin Langsung Upacara Alih Kodal PPRC TNI TA 2023-2025</strong>