Jombang, www.beritamadani.co.id – Setelah melewati beberapa pertemuan yang alot akhirnya pada pertemuan pada Selasa (31-01-2022, terjadi kesepakatan antara tiga (3) desa yakni; Desa Jatigedong, Pager Tanjung, dan Ploso, untuk menandatangani kerja sama dalam pengelolaan scrap (rosokan) dari PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) Ploso.

Pertemuan ini diadakan di Balai Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang Jawa Timur, dan merupakan pertemuan yang  kedua dan difasilitasi Forkompimcam Ploso .

Pertemuan kali ini dihadiri oleh perwakilan tiga (3) Desa, perwakilan PT CJI, Forkompimcam Ploso, dan yang menarik diundang juga tiga (3) mantan Kepala Desa yang paham history awal dari pengelolaan  scrap .

Selesai rapat koordinasi itu, Kapten Nasrulloh Danramil Ploso  membacakan nota kesepakatan bersama yang ditandatangani pihak PT Cheil Jedang Indonesia, dan perwakilan tiga (3) Desa .

Beni Efendi selaku Kepala Devisi Administrasi PT CJI Ploso menyampaikan,”Walaupun awal pertemuan tadi berjalan alot tapi dengan penjelasan dari mantan kepala desa yang memang tahu persis history awal dari pengelolaan scrap tersebut, yang intinya tadi mengerucut pada kesimpulan yang sama, dan penjelasan tersebut akhirnya bisa diterima oleh seluruh perwakilan yang ikut rapat hari ini,” jelas Beni.

Kepala Divisi Administrasi PT CJI Ploso ini juga berharap dengan terjadinya kesepakatan hari ini yang notabene agar pembagian pengelolaan scrap kedepannya bisa merata ketiga desa tersebut.

“Dengan begini kedepannya nanti bisa dikelola bersama harapan kami bisa juga membawa manfaat dan kesejahteraan bagi warga tiga (3) desa tersebut, dan lingkungan bisa kondusif dengan begitu kami mungkin nanti bisa memberikan lagi CSR dalam bentuk yang lainnya”, ujar Beni .

Sedangkan Hendro ketua BPD Desa Jatigedong ketika ditemui awak media menjelaskan, “Pada intinya untuk pengelolaan scrap kami dari Desa Jatigedong sangat terbuka untuk bisa bekerja sama dengan Desa Ploso maupun Desa Pager Tanjung, apalagi kami tadi mendengarkan secara langsung penjelasan bagaimana awalnya sampai pengelolaan scrap ini diserahkan ke kami, intinya semoga semua ini bisa menjadi kebaikan semuanya,” gagas Ketua BPD Jatigedong ini .

Nining yang merupakan Kades Ploso, dengan raut wajah yang gembira merasa sangat puas dengan hasil pertemuan kali ini .

“Alhamdulillah walau sudah hampir 10 tahun lebih akhirnya Desa kami punya kesempatan juga untuk ikut mengelola scrap dari PT CJI, kami juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk persiapan dari pihak BUMDes kami, karena hasil perundingan tadi kami kebagian sebagai pengelola, tiga (3) bulan pertama, selanjutnya Pager Tanjung tiga (3) bulan juga, baru Jatigedong selama enam (6) bulan, saya atas nama warga Desa Ploso mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memfasilitasi pertemuan ini, dan semoga ini bisa membawa kebaikan bagi kita semua,” ucap Nining.

Hal yang sama dengan Kades Ploso disampaikan oleh perwakilan Desa Pager Tanjung.

 “Hasil pertemuan hari ini sangat memuaskan bagi kami memang hal tersebut yang menjadi harapan warga Desa Pager Tanjung,” ungkapnya.

Kompol Darmaji Kapolsek Ploso memberikan statement-nya sebagai Forkompimcam Ploso yang menginisiasi pertemuan itu.

“Alhamdulillah akhirnya setelah beberapa kali pertemuan hari ini ada kesepakatan dari tiga (3) Desa yaitu Desa Ploso, Pager Tanjung, dan Jatigedong untuk bekerja sama mengelola scrap dari PT CJI bersama-sama dengan pembagian 50% untuk Desa Jatigedong, sedangkan untuk Desa Ploso dan Pager Tanjung masing-masing 25% an”, urai Kompol Darmaji.

Kapolsek Ploso ini juga menjelaskan terkait teknis pembagiannya.

“Rencananya 3 bulan pertama dikelola Desa Ploso lalu lanjut 3 bulan berikutnya Desa Pager Tanjung terus Desa Jatigedong kebagian 6 bulan sisanya, begitu seterusnya. Kesepakatan ini melekat untuk dipatuhi bersama, dan saya kira ini sudah sangat adil bagi semuanya, semoga segala usaha kita ini mendapatkan ridho dari Allah untuk kemaslahatan masyarakat”. Pungkas Kompol Darmaji. (Sobi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>DPRD Kota Malang Segera Sahkan Ranperda Kota Layak Anak</strong>
Next post <strong>Kapolda Jatim Sampaikan Terima Kasih atas Upaya Harkamtibmas di Kota Kediri</strong>