Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Wali Kota Malang Sutiaji melaksanakan Safari Ramadan dengan mengunjungi Masjid Ibnu Sina Jl. Veteran Kota Malang. Dalam agenda tersebut, Abah Sutiaji mengajak jamaah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Pada momentum bulan Ramadan ini, marilah kita tingkatkan ketakwaan. Takwa adalah ketakutan berbalut cinta kepada Allah SWT. Sehingga menumbuhkan ketaatan dalam beribadah, serta membersihkan hati dari berbagai dosa, dan senantiasa mengunakan hartanya ke jalan Allah,” pesan Abah Sutiaji.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, jika ketakwaan sudah merasuk ke dalam kalbu, maka seseorang akan selalu melaksanakan perintah Allah SWT, dan menjauhi segala hal yang menjadi larangan-Nya.

Sutiaji mencontohkan, apabila seseorang masih belum memiliki ketakwaan didalam jiwanya, maka dirinya akan enggan untuk membelanjakan sebagian hartanya ke jalan Allah SWT.

“Sikap manusia yang menganggap harta dan jabatan adalah miliknya, berarti ketakwaannya kepada Allah SWT masih perlu ditingkatkan lagi. Padahal harta di dunia dan jabatan itu semua adalah alat dan bukanlah tujuan,” ucap pria yang pernah belajar di UIN Malang ini.

Sutiaji pun mengingatkan, bahwa manusia memiliki nafsu dan untuk menjaga kestabilan antara dunia dan akhirat, yang dapat dilakukan melalui salat, puasa, serta zikir.

“Jika itu secara istiqomah dilakukan, insyaallah, hati akan ikhlas. Ketika jabatan diambil Allah SWT, maka hati akan ikhlas karena yakin bahwa Allah sayang pada kita,” ujarnya.

Menurut pria asal Lamongan tersebut, mengimplementasikan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari tidaklah mudah dan melalui proses. Namun jika ketakwaan sudah terpatri, maka keikhlasan akan terbangun dengan sendirinya.

Di bulan Ramadan ini, ayo berlomba meningkatkan keimanan dan mendermakan diri ke jalan Allah. Baik dalam waktu lapang maupun sempit. Intinya, puasa membuat kita belajar menjadi orang yang bertakwa,” imbau Sutiaji.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sutiaji menyebut bahwa Masjid Ibnu Sina merupakan salah satu benteng dan sebagai pengingat untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT.

Sebelum mengakhiri khotbahnya, Sutiaji berpesan kepada jamaah yang hadir di masjid agar selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Sekali lagi mari kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, Fastabiqul Khoirot (berlomba lomba dalam kebaikan). Mumpung ini bulan penuh rahmat dan bulan yang sangat suci bagi umat Islam” pungkas Sutiaji. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Polisi Santri Polda Jatim Siap Wujudkan SDM Unggul Era Police 4.0 
Next post Kota Malang Kembali Raih Penghargaan Nasional pada Usia 108 Tahun