Kota Malang, www.beritamadani.co.id –  Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E,M.Tr(Han)., menyerahkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) bertempat di Aula Makodim 0833, Jl. Kahuripan No.6 Kota Malang, Senin (13/12/21).

Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan bagi pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Bantuan ini secara spesifik menyasar PKL dan warung yang berada di Kota Malang, sesuai instruksi menteri dalam negeri nomor 27 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tentunya memberikan dampak kepada rakyat Indonesia khusunya pemilik warung dan PKL di Kota Malang.

Dalam sambutannya Dandim 0833/Kota Malang menyampaikan bahwa bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW) merupakan upaya Pemerintah untuk mengatasi permasalahan akibat dampak Covid-19 secara menyeluruh kepada masyarakat dengan mempertimbangkan bahwa masih ada pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan bantuan BPUM.

Pelaksanaan penyaluran bantuan ini dilaksanakan secara langsung kepada penerima dengan melibatkan anggota TNI/POLRI dengan pertimbangan percepatan pemberian bantuan dan keterjangkauan yang mencakup seluruh wilayah dan merata.

Pemerintah menilai bahwa bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah melalui BPUM belum bisa menyentuh ke seluruh pelaku UMKM maka Pemerintah selalu menggandeng TNI dan POLRI untuk menyalurkan dana yang serupa melalui BTPKLW TNI, dengan harapan pelaku usaha mikro khususnya pemilik warung dan pedagang kaki lima yang belum tersentuh oleh UMKM bisa mendapat bantuan yang sama.

Perlu kita ketahui bahwa pada kegiatan ini Kodim 0833/Kota Malang diberi amanah untuk menyalurkan dana sebesar Rp5.040.000.000,-(lima miliar empat puluh juta rupiah) yang akan disalurkan kepada 4.200 orang PKL/UMKM di Kota Malang.

“Pagi ini merupakan gelombang terakhir penyaluran, ada 30 orang yang akan kita salurkan dikarenakan terdapat temuan data duplikasi dengan Polres sehingga yang duplikasi kita tarik uang nya dan kita salurkan kepada Bapak Ibu sekalian,” ujar Dandim Ferdian Primadhona.

Sementara Rusdi pemilik warung penerima bantuan menyampaikan omzetnya mengalami penurunan karena PPKM yang dari  sebelumnya pada kondisi normal bisa menjual 30 kilogram per hari menjadi hanya lima Kilogram per hari.

Rusdi menyampaikan bahwa bantuan yang diperolehnya akan digunakan untuk tambahan modal usaha.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Danramil jajaran Kodim 0833/Kota Malang, Para Pasi Kodim 0833/Kota Malang dan masyarakat penerima bantuan BTPKLW TNI. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post GKB Filadelfia Pos PI “Harapan Kasih” Gelar Perayaan Natal 2021: Ini Pesan Pendeta Prihtono
Next post DPRD Kota Malang Akhirnya Setujui Ranperda tentang PDAM