Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Kemeriahan HUT Pemuda Pancasila yang ke-62 sangat terasa. Rangkaian acara dimulai tanggal 27 Oktober 2021, diawali dengan kegiatan santunan kepada Panti Asuhan Al Mustofa di Desa Sumber Pasir Kecamatan Pakis. Santunan ini telah dibagikan kepada 45 anak yatim dan 7 pengurus panti.

Setelah memberikan santunan, semua rombongan bergeser menuju makam Bupati pertama yaitu Ki Ageng Gribig yang terletak di wilayah Kecamatan Kedungkandang. Di makam Bupati pertama itu, rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua MPC Kota Malang, Agus Sunar Dewa Brata melaksanakan doa bersama dam pembacaan tahlil guna untuk menghormati arwah beliau.

Kemudian acara dilanjutkan menuju Museum Ganesha yang berada di kawasan Hawaii Water Park. Di dalam museum itu rombongan diberikan wawasan terkait dengan sejarah dan benda-benda prasejarah mulai keris, patung, gamelan dan tokoh tokoh pejuang, hingga pewayangan. Hal ini bertujuan agar generasi sekarang tidak melupakan sejarah dan budaya leluhur.

Rangkaian ulang tahun yang ke-62 ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan seremonial di Hotel Swissbell, dengan mengundang semua unsur Forkopimda Kota Malang. Nampak Walikota Malang Sutiaji juga menghadiri kegiatan tersebut.

Walikota Malang Sutiaji mengatakan nilai-nilai Pancasila harus ditegakkan untuk mencapai kebhinekaan dan mempersolid persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. “Saat ini kita ini berada didalam persimpangan. Sekarang musuh kita bukan imperealisme, tapi budaya dan teknologi yang dapat sewaktu-waktu mencabik-cabik bangsa ini.”

“Dengan menegakkan nilai-nilai Pancasila maka tidak akan bisa memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Sutiaji, Kamis (28/10/2021).

Sutiaji yakin Indonesia dapat menjadi negara maju pada tahun 2050, karena memiliki segala macam potensi memadai, seperti Sumber Daya Manusia (SDM) dan  Sumber Daya Alam (SDA).

“Banyak negara yang cemburu dengan kita. Karena kita punya Pancasila. Demokrasi di Indonesia adalah musyawarah mufakat. Pemuda Pancasila inilah yang telah mengawal nilai-nilai Pancasila dengan baik untuk membumi di Indonesia,” ujarnya.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Malang, Agus Sunar Dewabrata mengapresiasi kedatangan orang nomor satu di Kota Malang itu dalam HUT Pemuda Pancasila ke-62.

Pria yang akrab disapa Abah Nanang itu mengatakan Pemuda Pancasila akan terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kami sejalan dengan Pemerintah. Apabila ada hal positif, kami akan jalankan. Saat pandemi ini, kami banyak turun aktif melakukan kegiatan kemasyarakatan,” tegas Nanang Sumba. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bupati Kediri Lantik 93 Pejabat Baru: Gerbong Mutasi Bergerak di Pemkab Kediri
Next post Sutiaji Tinjau Langsung Vaksinasi Dosis I dan II di Balai Kota Malang