Program Normalisasi Sungai Dermo Dari Dinas PUPR, Menggugah Sektor “Wisata Pinggir Kali” Desa Tambakrejo

Kediri, www.beritamadani.co.id – Proyek normalisasi Sungai Dermo saat ini terus dikebut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Kabupaten Kediri. Dengan memanfaatkan momen musim kemarau tahun ini, pekerjaan normalisasi sungai inipun bisa dikatakan sudah kelar, Rabu (30/9/20).

Normalisasi aliran sungai yang dilakukan di Sungai Dermo ini membelah Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Pendangkalan atau sedimentasi sungai tidak lepas dari letak geografis Kabupaten Kediri yang terletak di kaki Gunung Kelud. Pendangkalan akibat sendimentasi berupa pasir dan batu kerikil sampai menggunung di sepanjang aliran Sungai Dermo.

Akibat dari pendangkalan ini aliran airpun terhambat, kebutuhan air untuk pertanian di Desa Tambakrejo dan sekitarnya tidak tercukupi.

Kades Tambakrejo, Mahfud, ketika ditemui di lokasi normalisasi mengatakan bahwa normalisasi sungai aliran Dermo ini sangat berguna sekali bagi petani Tambakrejo dan juga petani di sekitar Tambakrejo.

“Saya atas nama masyarakat Desa Tambakrejo sangat bersyukur sekali dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kediri, dalam hal ini Dinas PUPR. Sungai yang dulunya kotor, banyak daun bambu,  sekarang sudah bersih, serta aliran sungai menjadi lancar,” ucapnya.

Mahfud juga mengatakan normalisasi yang dilakukan oleh PUPR ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat Desa Tambakrejo.

“Debit air yang dulunya kecil sekarang sudah kembali lancar pasca normalisasi yang dilakukan oleh PUPR, Sepanjang 1000 Meter (1.Km). Sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat petani baik di Desa Tambakrejo maupun petani luar desa,” tuturnya.

Lebih lanjut menurut Mahfud, Pemdes Tambakrejo meminta Dinas PUPR Kabupaten Kediri, untuk dapat memprogamkan kembali normalisasi sungai yang ada di Tambakrejo yang belum pernah dilakukan normalisasi. Sehingga nantinya akan bermanfaat bagi warga sekitar sungai.

Perlu diketahui, dengan adanya normalisasi ini memiliki manfaat lain yaitu untuk pariwisata. Seperti pemanfaatan bantaran sungai, yang diprogramkan oleh Pemdes Desa Tambakrejo, sebagai wisata pinggir kali,  yang mulai direncanakan oleh Karang Taruna Desa Tambakrejo.

“Semoga dengan adanya Destinasi Wisata Pinggir Kali, nantinya bisa menambah penghasilan dan mengatrol perekonomian warga. Imbas dari pandemi Covid-19 ini kondisi perekonomian warga terpuruk. Pesan saya tetap jaga kesehatan serta patuhi protokol kesehatan,” pungkas Mahfud, Kades Tambakrejo.

Reporter: Tim BMK – Cak Kas, Reporter: Widyana R.

You may also like...

2 Responses

  1. Yuliaman Budi Santoso says:

    Akurat tajam terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL