Sendang Tirtokamandanu Ditutup Antisipasi Penyebaran COVID-19

IMG-20200503-WA0014 IMG-20200503-WA0019

Kediri, www.beritamadani.co.id – Salah satu tempat wisata budaya Sendang Tirtokamandanu, yang terletak di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kab.Kediri ditutup untuk sementara waktu. Hal ini sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19), sesuai anjuran dari Bupati Kediri beberapa waktu yang lalu.

“Sesuai dengan anjuran Kepala Desa Menang dan Keputusan Bupati Kediri, Sendang Tirtokamandanu terpaksa ditutup dan dibuka lagi sebatas apa yang dianjurkan oleh Kepala Desa dan Bupati Kediri untuk kelanjutannya. Di sini masih banyak orang yang melakukan ziarah tetapi untuk melakukan ritual budaya tidak diijinkan”, Ujar Mbah Suratin.

Sendang Tirtokamandanu sebagai tempat wisata budaya memang banyak dikunjungi oleh para peziarah. Tetapi dengan kondisi saat ini, untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona(COVID-19), beberapa kegiatan ritual budaya terpaksa dihentikan dan sendang dinyatakan ditutup sementara waktu.

Lebih lanjut Mbah Suratin, mengatakan kepada www.beritamadani.co.id,“Bila pengunjung atau peziarah ingin melakukan ritual budaya tidak diijinkan, ritual bisa diserahkan kepada mbah jurukunci saja dan saya yang akan melakukan ritual. Pengunjung tidak boleh bergerombol, tetapi bila ada pengunjung bermaksud hanya berdoa diijinkan. Wajib mengikuti aturan dan se segera mungkin untuk pulang”.

“Anjuran untuk pengunjung yang terpaksa datang biar tidak membawa virus corona, wajib memakai masker dan harus menjaga jarak 1-2 Meter (physical distancing), sebagai antisipasi menularkan kepada orang lain”, Ujar Mbah Suratin menambahkan.

Sejauh pengamatan di lokasi Sendang Tirtokamandanu, memang saat ini kondisinya sudah cukup sepi dari pengunjung atau peziarah. Ada beberapa orang yang berdoa tetapi jauh sangat berkurang dari biasanya sebelum ada pandemi Virus Corona (COVID-19). Warung-warung terlihat sepi pembeli, apalagi saat ini bulan puasa.(Cak Kas/Widya)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL