Berdagang Buah Sawo Turun Temurun Dari Warga Desa Beringin Kabupaten Kediri

DSC00983 DSC00978

Kediri, Beritamadani.co.id – Seiring dengan banyaknya peredaran jenis buah-buahan yang sering kita jumpai di mini market ataupun pasar di Kota Kediri, baik itu berasal dari impor maupun lokal.  Di Dusun Bunut, Desa Beringin, buah lokal sawo masih mampu bertahan dan banyak digemari Masyarakat Kota Kediri . Hal ini terlihat dengan banyaknya buah sawo yang dijajakan dipinggir jalan Desa Beringin.

Buah sawo memiliki rasa manis, bila dilihat dari kulit buahnya berwarna coklat kekuningan. Berbentuk bulat oval seperti telur, sangat menarik bila disusun dibaki maupun keranjang. Biasanya masyarakat menanam pohon sawo di pekarangan rumah maupun di kebun. Pohon sawo biasanya tumbuh subur ditanah berpasir tentunya dengan air dan pemupukan yang cukup.

DSC00981DSC00979

Pada Hari Ju’mat, Tanggal, 22-07-2016, Awak Beritamadani.co.id melewati  Jalan Raya Desa Beringin, Kec.Badas, tepatnya di Dusun Bunut, 300 meter sebelah utara Terminal Pare dan Pasar Komoditi yang ada di Desa Beringin, ternyata para Warga Dusun Bunut, terutama kaum ibu-ibu berdagang buah sawo.

Konfirmasi didapatkan dari para ibu-ibu pedagang buah sawo, salah satunya, Tika, memaparkan. “Saya berjualan dagang sawo di sini sekitar 1 tahunan, untuk meneruskan usaha orang tua saya”.”Dan Warga Dusun Bunut sudah lama berdagang buah sawo”.” Sudah membudaya dan turun-menurun sampai sekarang “. “Saya jual sawo perbaki dengan harga Rp.30.000,- tentunya kwalitas baik buah sawonya”.

DSC00977DSC00982

Karena buah sawo rasanya sangat manis, sebaiknya dimakan ketika kita habis berpuasa, bekerja ataupun setelah berolah-raga. Untuk orang yang memiliki gigi yang sensitif terhadap manis, sebaiknya setelah makan buah sawo, langsung melakukan sikat gigi. Dan untuk anak-anak sebaiknya dibatasi karena bisa menyebabkan batuk, karena buah sawo yang berkualitas sangat manis.( Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL