Blitar, www.beritamadani.co.id – Menjelang pelaksanaan kegiatan Tumpeng Agung Nusantara Gotong Royong, yang ke-12 tahun 2023 ini, sebanyak 20 orang Pengurus dari Lembaga Pelestari Pelindung Budaya Nusantara (LP2BN), melaksanakan kegiatan nguri-uri budaya leluhur, yakni Atur Piuning ke Candi dan situs sejarah se Blitar Raya.

Pengurus lembaga, datang dari Nganjuk, Kediri, Tulungagung, dan Blitar, pada 17 Juni 2023 pukul 07.00 WIB bertemu di titik kumpul depan Candi Palah Penataran, Nglegok, Blitar. Kemudian bergerak menuju Candi Kotes di Desa Kotes Gandusari, dilanjutkan ke Situs/Candi Rambut Monte Krisik, ke Candi Sawentar di Desa Sawentar Kanigoro, ke Candi Simping di Desa Simping Kademangan, ke Candi Waleri/Situs Kekunoan di lereng Gunung Pegat Srengat, lalu ke Candi Kalicilik Desa Candirejo Ponggok, dilanjutkan ke Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Sananwetan Kota Blitar, dan berakhir tepat pada malam hari pukul 19.00  WIB di Candi Palah Panataran di Nglegok Kab. Blitar.

Atur Piuning adalah budaya yang kita uri-uri dari para leluhur kita sejak awal peradaban Bangsa Jawa Nusantara, merupakan bentuk dharma Bhakti kepada Leluhur pendiri kerajaan dan peradaban kita di masa lalu, untuk terus di lanjutkan di masa kini dan yang akan datang.

Romo Pinandhito Lokmin yang memimpin ritual tersebut menjelaskan,”Bahwa sudah menjadi adat istiadat kita, disetiap ada hajatan besar seperti Tumpeng Agung Nusantara dari LP2BN ini, kita atur Piuning, atau kulo nuwun, nyuwun Pangestu Dumateng Ruh Suci Leluhur dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara kita sebagai Budayawan atau Spiritualis. Agar supaya rangkaian kegiatan Tumpeng Agung Nusantara Gotong Royong ke-12 ini yang dimulai dari kegiatan Mendhak Tirta untuk acara Jamasan Panitia, juga berdoa secara khusus agar semua rangkaian kegiatan hingga puncak acara Gelar Upacara Adat Tumpeng Agung Nusantara berjalan lancar, Gangsar, nir ing sambekala, dan dapat Pangestu dari Ruh Suci Leluhur”, jelasnya.

Di tempat terpisah, di tengah area Candi Penataran, Ki Aris Sugito, Ketua Panitia menjelaskan,”Seperti di tahun-tahun sebelumnya bahwa setiap menjelang Gelar Upacara Adat Tumpeng Agung Nusantara Gotong Royong, kami melaksanakan Piuning untuk kelancaran semua rangkaian kegiatan. Dan tema kita tahun ini adalah Kumambange Watu Item, Sileme Prau Gabus, jelas Ki Aris yang sekaligus Ketum LP2BN.

 “Terimakasih kepada semua Pengurus dan Panitia Penyelenggara yang tahun ini tetap setia dan semangat mengikuti rangkaian kegiatan kita. Dan ini terselenggara berkat jiwa gotong-royong yang dipersatukan oleh jiwa luhur dari para leluhur Bangsa Jawa Nusantara”, pungkas Ki Aris Sugito. (Ki Ageng Jontor Siswanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Holiday Saver by Grand Mercure Malang Mirama
Next post <strong>Grand Mercure Malang Mirama Konsisten dalam Menyuarakan Keberagaman dan Perbedaan </strong>