Jombang, www.beritamadani.co.id – Forum Komunikasi Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (FKPOPT) merupakan organisasi profesi bersifat keilmuan yang salah satu tujuannya adalah membentuk pejabat fungsional yang profesional dan bertanggungjawab, dalam mendukung terwujudnya perlindungan perkebunan.

Organisasi FKPOPT didirikan pada 26 Maret 2010, di BBPPTP Surabaya, yang berfungsi menjadi wadah bagi fungsional POPT di BBPPTP Surabaya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai POPT.

Peserta kegiatan Dies Natalis ke-13 FKPOPT ini berjumlah 42 orang, yang terdiri dari 9 orang Fungsional POPT yang bertugas di ULPPTP, 1 orang POPT yang bertugas di Nursery Malang, 1 orang calon POPT dan  27 orang POPT yang bertugas di BBPPTP Surabaya di Mojoagung, serta 4 orang POPT dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur.

Pada 20-21 Maret 2023, telah diadakan rangkaian acara Dies Natalis ke-13 FKPOPT,  diawali pada hari pertama dengan Pelatihan Pengendalian OPT Karet dengan narasumber Budi Setyawan, S.P., M.Sc., dari  Pusat Penelitian Karet Unit Riset Bogor Getas Salatiga.

Acara dibuka oleh Koordinator Substansi Proteksi Wahyu Irianto, S.P., dalam sambutannya Wahyu Irianto menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini seluruh peserta diharapkan mampu mengadopsi, dan melakukan Teknik Pengendalian OPT Karet dengan tepat, di wilayah kerja BBPPTP Surabaya.

”Sebagaimana kita ketahui, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dan petugas pengamat di ULPPTP mempunyai tugas, tanggung jawab, dan wewenang, untuk melakukan pengendalian OPT. Dengan adanya Pelatihan Pengendalian OPT Karet ini, maka tenaga Fungsional POPT, dan petugas pengamat di ULPPTP diharapkan mampu mengadopsi dan melakukan Teknik Pengendalian OPT Karet dengan tepat,” ujar Wahyu Irianto, S.P.

Selanjutnya pada hari kedua, dilaksanakan perayaan Dies Natalis ke-13 FKPOPT yang diawali dengan Laporan Evaluasi dan penyampaian Program Kerja kedepan oleh Ketua FKPOPT Wahyu Widiasmoro, S.P., M.P., kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan yaitu; kuis dan tukar kado, yang diikuti oleh seluruh peserta, dan acara puncak perayaan Dies Natalis ke-13 FKPOPT dengan pemotongan tumpeng. (Tim Publikasi BBPPTP Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Grand Mercure Malang Mirama Gelar Khitan Massal
Next post <strong>Nikmati Penawaran Berbuka Puasa Ganda di Lebih dari 30 Destinasi di Seluruh Indonesia</strong>