Bima, www.beritamadani.co.id – Salah faktor penentu keberhasilan budidaya tanaman pada tingkat petani adalah penggunaan benih bermutu dengan kontribusi sekitar 40 % terhadap keberhasilan pertanaman. Saat ini penggunaan benih bermutu pada tingkat petani relatif rendah akibat terbatasnya ketersediaan dan aksebilitas terhadap benih unggul bermutu di kawasan pengembangan.

Dalam upaya menghasilkan benih kelapa genjah bermutu dan unggul, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Bima NTB melaksanakan kegiatan Pembangunan Nursery dan Produksi Kelapa Genjah.

Pada kesempatan ini dilaksanakan Kunjungan Kerja Direktur Perbenihan Dr. ir. M. Saleh Mochtar, M.P bersama Kepala BBPPTP Surabaya Ir. Parlin Robert Sitanggang.

Pembangunan nursery di Bima meliputi; area persemaian, area pembesaran, gudang dan plumbing.

Ir. Parlin Robert Sitanggang Kepala BBPPTP Surabaya berharap setiap propinsi ada nursery-nursery.

“Jadi kita menginginkan nursery itu sebagai sumber benih di setiap propinsi sehingga kita bisa mengurangi biaya pos logistic, tidak terlalu jauh tempat penanamannya dari sumber benih,” harap Ir. Parlin. Jumat (9/9/2022).

Progres pembangunan fisik telah mencapai 97 %, sedangkan produksi benih Kelapa Genjah; Varietas Genjah Kuning Bali (GKB) sejumlah 2.750 butir, telah disemai dan selanjutnya dilakukan pemeliharaan hingga proses salur.

Benih kelapa Genjah ini nantinya akan di salurkan kepada kelompok tani dan masyarakat di Kota Bima. (Tim Publikasi BBPPTP Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Mas Dhito Terjunkan Satgas Pangan Pantau Harga Sembako Pasca Kenaikan BBM</strong>
Next post <strong>Polres Kediri Gelar Baksos Bantu Masyarakat Terdampak Kenaikan BBM</strong>