Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Pemkot Malang menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)  Tahun 2022 bertempat di SMKN 2 Kota Malang, Jalan Veteran, Senin (6/6/2022).

Giat peringatan HLUN berlangsung meriah dan diramaikan sejumlah acara; senam bersama, sarasehan, pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi.

Hadir dalam acara ini yang sekaligus mengikuti senam bersama, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji beserta istri, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan beberapa kepala perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sutiaji menyampaikan, para lansia harus selalu menjaga kesehatan agar dalam menjalani kehidupan dimasa tuanya lebih tenang dan nyaman. Dia mencontohkan seperti halnya dengan rajin berolahraga, memeriksakan kesehatan dan makan makanan bergizi.

“Sejauh ini kami dari Pemkot Malang sudah memberi perhatian yang cukup besar bagi para lansia. Seperti pembangunan tempat hunian dan atau panti jompo, akses layanan kesehatan, pelatihan dan berbagai bantuan. Keberadaan posyandu lansia pun telah dimaksimalkan. Sehingga ke depan diharapkan kehidupan lansia lebih baik lagi, begitu juga dari sisi ekonominya,” ucap pria kelahiran Lamongan ini.

Lebih lanjut Sutiaji menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2021 di Kota Malang 82,04 %, pertumbuhan ekonomi 4,21 %, prosentase kemiskinan 4,62 %, pertumbuhan PDRB plus 6 % dan angka harapan hidup 73,36 %. “Kondisi ini sangat baik dan berdampak signifikan bagi para lansia,” imbuhnya.

Pernyataan senada disampaikan Wakil Wali Kota Malang yang juga selaku Ketua Komda Lansia Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. Menurutnya, dalam perayaan HLUN ke-6 kali ini sudah menunjukkan jika para lansia sudah berdaya. “Kami dari pihak pemerintah tentu akan menjaga kondisi ini agar lansia pun merasakan kehadiran pemerintah dalam kehidupannya,” beber pria yang akrab disapa Bung Edi yang merupakan politisi Golkar ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang Dra. Penny Indriani, M.M., mengatakan, saat ini jumlah lansia di Kota Malang sekitar 106 ribu atau 12,5 % dari jumlah penduduk kota ini.

Dari jumlah itu, disampaikan Penny, kondisi lansia mayoritas sehat jasmani dan rohani. Sedangkan dari acara yang diikuti 175 lansia pada hari in diharapkan akan semakin meningkatkan silaturahmi, dapat membangun percaya diri dan lansia lebih sehat. “Gelaran ini juga sebagai wujud penghormatan pemerintah dan untuk menguatkan program Kota Malang sebagai kota ramah lansia,” pungkasnya. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Mas Dhito Minta Jembatan Alternatif Ngadi Ditutup Saat Hujan Deras Demi Menjaga Keselamatan Warga
Next post Pengukuhan dan Sertijab Pengawas dan Pengurus Yayasan Canda Bhirawa Masa Bhakti 2022-2027