Kabupaten Kediri, www.beritamadani.co.id Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, memberi bantuan mobil siaga kepada pemerintah desa untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan realisasi janjinya saat masih kampanye.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mengalokasikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada pemerintah desa untuk kegiatan pengadaan mobil siaga guna menunjang transportasi dan konektivitas antar wilayah. Nilai bantuan keuangan yang diberikan sebesar Rp.200 juta.

“Dengan adanya mobil siaga ini diharapkan pelayanan kepada warga semakin baik. Terutama dalam mengakses layanan kesehatan, mobil siaga ini bisa digunakan untuk mengantarkan ke rumah sakit,” kata Bupati, Kamis (17/3/2022).

Selain meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, keberadaan mobil siaga yang diberikan bagi pemerintah desa itu dapat digunakan untuk menunjang kelancaran tugas kedinasan maupun meningkatkan kualitas hasil kerja.

“Mobil siaga ini bisa digunakan untuk menunjang program-program pemerintah desa,” ujarnya.

Distribusi bantuan mobil siaga dilakukan secara bertahap dan dukungan dari Bupati Kediri dikirimkan kepada desa yang telah mengirimkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Hingga pertengahan bulan ini, sudah ada desa – desa yang telah menerima mobil siaga ber logo “Hallo Mas Bup”.

Sampurno, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri menyampaikan, “Sudah ada berapa desa dari 343 desa di wilayahnya yang telah menerima transfer dana bantuan. Dari jumlah data desa yang telah mengirim APBDes, ada 13 desa yang telah dikirim mobil siaga, dan 13 desa se Kecamatan Pagu yang  mobil siaga dikirim serta diterima”.

“Dari 343 desa yang telah ditransfer bantuan keuangannya untuk mobil siaga secara beratahap di tahun 2022, dengan harus melakukan penetapan APBDes, masing-masing” kata Sampurno, Kepala DPMPD Kabupaten Kediri.

Saat dikonfirmasi awak www.beritamadani.co.id melalui ponselnya beberapa hari yang lalu,

Imron, Kepala Wilayah Kecamatan Pagu menyampaikan bahwa, “Wilayahnya sudah menerima mobil siaga tersebut”.

Kepala Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Linda Endrawati langsung melakukan tasyakuran bersama seluruh perangkatnya dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan menggelar Tumpengan (Buceng) setelah menerima Mobil Siaga untuk keperluan tugas kerja desanya

yang selama ini meminjamkan mobil pribadinya apabila ada warga yang memerlukan bila dalam kondisi darurat.

“Saya bersama perangkat desa mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kediri, khususnya Mas Bupati Dhito”, pungkasnya. (Kominfo Kab. Kediri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Menandai Kebangkitan Budaya Nusantara, LP2BN Memprakarsai “Sumpah Hamusthi Budaya Nusantara”
Next post Persit KCK Koorcab Rem 081 Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah