Kabupaten Kediri, www.beritamadani.co.id Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1218tahun 2022 diperingati cukup unik tapi meriah, yakni dengan menghadirkan puluhan Cikar, start dari jalan Taman Wisata Patung Totok Kerot Desa Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, finish area Simpang Lima Gumul (SLG) tepatnya depan Bank Daerah, Jumat (25/3/2022).

Dengan mengambil tema “Kediri Raya Mukti Hayo Gumregah Nyawiji” yang berarti Kediri Raya sejahtera ayo bangkit bersama.

Parade diikuti langsung Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, S.H., yang akrab disapa Mas Bup Dhito mengawali dengan sambutan singkat diteruskan dengan sabetan pecut sebagai tanda dimulainya start Pawai Cikar.

Mas Dhito dalam sambutannya mengatakan bahwa diambilnya Cikar untuk pawai pada Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1218tahun 2022 dimaksudkan untuk memperkenalkan pada generasi muda bahwa alat transportasi jaman dahulu adalah Cikar sebagai bahan alat angkut yang sampai saat ini masih ada, dan sejumlah daerah masih menggunakannya. “Kami ingin mengenalkan pada generasi muda supaya terus melestarikan tradisi, Cikar adalah sarana transportasi tempo dulu.”

Selanjutnya, Mas Dhito langsung menaiki Cikar dan ikut pawai bersama dari titik pemberangkatan sampai finish yang menempuh waktu sekitar 2 jam, dengan disaksikan ribuan warga yang memadati pawai karena ingin melihat langsung Bupati Kediri naik untuk mencoba mengendalikan Cikar yang ditarik dua lembu jantan. Parade Cikar berjalan dengan lancar atas kesigapan aparat dalam mengatur lalu-lintas.

Diikuti di belakang Mas Dhito tampak Komandan Kodim 0809, Letkol Inf. Ruly Eko Suryawan, S.Sos.,  diikuti lagi cikar yang ditumpangi Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto kemudian di belakangnya lagi ada Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri Adi Suwignyo.

Yang lebih menarik saat finish, Bupati Kediri Mas Dhito saat turun dari Cikar banyak masyarakat yang minta berfoto bersama (selfi).

Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto ketika ditemui awak media mengatakan kesan-kesannya pada peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-1218 tahun 2022, Ia berharap Kediri Raya ini bisa “Saiyeg sak eko proyo hambangun projo“.

“Semoga Kediri Raya ini bisa “Saiyeg sak eko proyo hambangun projo” untuk membangun wilayah Kabupaten Kediri yang lebih baik, sejahtera masyarakatnya. Dengan adanya parade Cikar ini kita sudah sekian lama tidak ada hiburan karena ada pandemi dan sekarang terkait dengan vaksin kita sudah memenuhi target apa yang dianjurkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Menurut Dodi Purwanto, dengan Hari Jadi Kabupaten ke-1218 moment untuk membuka tempat-tempat pariwisata dan juga mengadakan hiburan. “Sebetulnya ini tidak dipublish, akan tetapi untuk meramaikan dengan menghadirkan cikar ini ada kaitannya dengan dunia peternakan, bahwa kita menjadikan Kabupaten Kediri sebagai sentra sapi, baik itu untuk konsumsi pedaging maupun untuk produksi ternak,”

Ia juga berharap agar ini bisa menjadi motivasi terbaik bagi peternak sapi.“Kedepannya, semoga pandemi segera usai yang akhirnya bisa mengadakan yang lebih besar lagi”.

Diketahui tampak hadir dalam acara sejumlah Pejabat Kepala SKPD, Kabupaten Kediri, diantaranya  Kepala Dinas Pariwisata serta Pejabat lainnya. (Kominfo Kab.Kediri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Dandim 0808/Blitar Melaksanakan Launching Kampung Pancasila di Rembang
Next post Sumpah Hamusthi Budaya Nusantara Akhirnya Berkumandang di Candi Palah Penataran