Lanny Jaya, www.beritamadani.co.id – Komunikasi sosial kreatif bersama masyarakat terus dibangun oleh Prajurit Bharata Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad untuk mendukung pola pembinaan teritorial di daerah penugasan Papua. Salah satunya keseruan belajar membuat Noken (tas rajut Khas Papua) bersama mama-mama di Kampung Golo Distrik Malagay. Sabtu (26/2/2022).

Wadanpos Malagay Letda Inf. Muhammad Tauhid, S.Tr.Han., mengatakan pihaknya ingin mengetahui adat budaya masyarakat atau kearifan lokal yang tumbuh di Papua, khususnya di Kabupaten Lanny Jaya ini, salah satunya yakni Noken. Itulah mengapa kami ingin belajar bagaimana cara membuat Noken Papua.

Letda Inf. Tauhid menambahkan, “Proses belajar membuat Noken cukup menarik, setelah kita mengatahui cara pembuatannya kita juga memotivasi para mama-mama untuk mengembangkan produksi usaha pembuatan Nokennya sehingga dapat menambah perekonomian keluarga,” tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Dansatgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Letkol Inf. Moch. Renaldy H., S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa dimanapun kita berada harus belajar dan menjunjung tinggi kearifan lokal dan adat budaya yang tumbuh subur di suatu daerah tersebut.

“Kita jangan malu untuk belajar kepada siapapun, karena berawal dari situ kita mengetahui wujud kekayaan Budaya Indonesia khususnya yang ada di Papua,” ungkap Dansatgas.

Yomez Kiwo, yang mengajarkan pembuatan Noken menyampaikan rasa senangnya dapat meluangkan waktu untuk mengajarkan Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad dari Pos Malagay, belajar cara membuat Noken. (Pensatgas412/Ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Silaturahmi dengan Forkopimda di Madiun: Danrem 081/DSJ Beri Pesan Ini
Next post Percepatan Vaksinasi Korem 081/DSJ Gelar Vaksinasi Booster di SMAN 1 Nganjuk