Konawe, www.beritamadani.co.id – Desa Tawarotebota Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan Musdes untuk penyusunan RKPDes tahun 2022, di balai pertemuan Desa Tawarotebota, Rabu (5/1/2022) pukul 15.00 Wita.

Dalam Musdes kali ini pemerintah desa membatasi peserta Musdes mengingat situasi pandemi belum pulih.

Acara Musdes dihadiri Camat Uepai yang diwakili Sekcam, Baharudin, S.Pd., selaku pendamping kecamatan, Kepala Desa Tawarotebota beserta perangkat desa, Tokoh adat, Badan Permusyawaratan Desa dihadiri Anwar, S.Pd.K., M.Pd. dan A. Madjid Lasiawa, serta perwakilan dari tiga dusun.

Acara musdes dibuka resmi Sekcam Uepai, dalam sambutannya Sekcam Uepai mengingatkan masyarakat supaya melakukan vaksin. Lebih lanjut Baharuddin, S.Pd., menghimbau agar kegiatan Musdes ini jangan disia-siakan. Beliau nengingatkan bahwa, ketika mengusulkan hal-hal yang baru, harus melihat pada RPJMDes, harus melihat usulan tahun lalu, kalau ada kegiatan yang tidak terlaksana bisa diusulkan kembali dengan memperhatikan urgensinya.

Liyanis, Kepala Desa Tawarotebota, dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada masyarakat yang sempat ikut Musdes. Liyanis juga mengingatkan masyarakat Tawarotebota untuk yang belum vaksin supaya segera vaksin.

Lebih lanjut terkait Dana Desa Liyanis mengatakan bahwa penerima BLT tidak boleh double. “Terkait Dana Desa penerima BLT tahun kemarin 15 orang, tetapi 1 orang meninggal, maka sisa 14 orang. Penerima bantuan tidak bisa double,” ujarnya.

Liyanis Kepala Desa terpilih dalam pilkades Tawarotebota, 27 Desember 2019 silam tersebut, dalam sambutannya  menegaskan dua hal antara lain; Usulan supaya betul-betul menyentuh masyarakat, dan untuk ketahanan pangan 20%  bisa dialokasikan untuk pengadaan Sapi.

Musdes kali ini BPD diwakili Anwar Lauro, S.Pd.K., M.Pd., selaku Sekretaris BPD, juga menyampaikan sambutan dan mempimpin sesi tanya jawab dan proses pengusulan program.

Mewakili Ketua BPD, Anwar Lauro mengatakan,”Masing-masing perwakilan tiap dusun supaya memasukkan usulannya dan usulan-usulan itu akan diranking untuk mengklasifikasi mana yang menjadi prioritas, dan dalam usulan itu tetap mempertimbangkan alokasi dana 32 % dari total Rp. 662.589.000,- berarti sebesar Rp. 212.028.480,- itulah yang  akan dialokasikan dengan usulan prioritas.

Ritno, S.E., M.M., pendamping Kecamatan Uepai dalam sambutannya mengatakan, “Terkait dengan 8 % penanganan Covid-19 kami masih menunggu petunjuk pola penggunaannya. Untuk Ketahanan Pangan, diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah desa dalam rangka pemulihan ekonomi. Ketahanan Pangan sifatnya berkelanjutan yang diorganisir oleh BUMDes,” ujar Ritno, S.E., M.M.

Agenda utama Musdes Tawarotebota adalah menampung usulan-usulan kegiatan dari tiap-tiap dusun. Proses pengusulan kegiatan dipimpin Sekretaris BPD, Anwar Lauro. Dari usulan kegiatan itu disepakati lima (5) usulan prioritas, antara lain: Jalan Usaha Tani, Pengadaan KwH, Pengadaan Laptop dan Printer, Peningkatan Kapasitas, Pengadaan sapi. Acara Musdes Tawarotebota ditutup pukul 17.40 Wita. (Anw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Upaya Menjaga Generasi Penerus Bangsa Kapolri Launching Vaksinasi Merdeka Anak
Next post Pemerintah Kota Malang Percepat Vaksinasi Anak