BPBD Kediri Bersama TNI Serta Polri, Gelar Apel Kesiapsiagaan Dan Peralatan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Kediri, www.beritamadani.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri gelar Apel Kesiapsiagaan dan Peralatan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi. Apel digelar dengan Inspektur Upacara Dandim 0809 Kediri, di lapangan Wonojoyo, Desa Wonojoyo, Kec. Gurah, Kabupaten Kediri, Saptu (21/11/2020).

Apel Kesiapsiagaan ini bersinergi dengan TNI-Polri dan juga sejumlah relawan. Menurut Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, bencana hidrometerologi adalah bencana yang berasal dari alam. misalnya saja, banjir, tanah longsor maupun puting beliung.

“Yang perlu kita waspadai adalah bencana puting beliung, banjir dan longsor. Ada beberapa titik di Kabupaten Kediri yang kapan hari sudah dipetakan dan perlu kita waspadai. Kita sudah assesment ke Dinas Lingkungan Hidup, untuk melakukan penebangan ranting pohon yang sekiranya membahayakan,” ujarnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0809 Kediri, Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno mengatakan, Apel siaga merupakan bentuk kesiapan Polri, TNI dan instansi terkait mengenai bencana alam.

Kesiapan ini menunjukkan bahwa langkah penanggulangan bencana telah diantisipasi oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

“Apel tanggap bencana ini bentuk kesiapsiagaan. Kesiapan dalam alat dan kesiapan dari personel dalam menghadapi bencana alam,” tegasnya.

Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, Dandim 0809 Kediri menjelaskan, Apel tanggap bencana ini dilakukan untuk meningkatkan Sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Kediri. Khususnya dalam menanggapi bencana alam yang terjadi di Kabupaten Kediri seperti pohon tumbang, banjir bandang serta tanah longsor.

“Kabupaten Kediri relatif aman, namun berkaca dari pengalaman sebelumnya maka perlu kita lakukan antisipasi,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa penanggulangan bencana tidak hanya dilakukan pada saat telah terjadi bencana. Namun, juga langkah pencegahan seperti memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bencana alam dan bagaimana tips ketika ada bencana. Selain itu, persiapan Posko Bencana perlu diperhatikan.

Dalam apel tersebut, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Dandim 0809 Kediri didampingi Wakapolres Kediri Kompol Didik dan BPBD Kabupaten Kediri, Juga Kompol Abraham, Bag. Ops. Polres Kediri Kota, melakukan pengecekan alat tanggap bencana. (Tim BMK/Cakas/Widya)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL