Situs Persada Soekarno Di Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2016

DSC04254 DSC04259

Kediri, Beritamadani.co.id – Persada Soekarno atau juga disebut Situs Ndalem Pojok Kediri, beralamatkan di Jl. Kusuma No. 112, Dusun Krapak, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Disini juga ada wisata edukasi dengan program membangun jiwa bangsa. Soekarno kecil juga pernah tinggal disini. Persada Soekarno diresmikan oleh Guruh Soekarno Putra pada Tanggal 28 Oktober 2015. Sejak saat itulah Persada Soekarno mulai dikenal masyarakat luas.

Saat awak Beritamadani.co.id mengunjungi stand Rumah Panji di Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2016, bertemu dengan Kushartono, Ketua/Pengurus Harian Persada Soekarno. Kushartono menjelaskan. “Ini Pertama kali kami diundang Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kediri untuk mengikuti acara Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2016”. “Untuk itu kami bersama teman-teman sangat mengapresiasi sekali”.” Kami berterima kasih dan kami berusaha sesuai kemampuan kami untuk tampil dengan baik”.

“Khusus Rumah Panji sebenarnya utamanya Panji tapi karena di Kediri juga ada Situs Bung Karno akhirnya kami diberi tempat disini juga”. “Ada dari Pasak, Budaya Jambu, Seni dari Desa Jambu, Desa Mojo”. Kebetulan Situs Ndalem Pojok yang mendirikan RMP. Panji Sumoatmojo”. Jadi ada panji walaupun yang dimaksud berbeda”.

“Harapannya minimal masyarakat sudah mengetahui Bung Karno tidak hanya di Blitar, di Kediri ada, di Surabaya ada, di Mojokerto ada, di Bandung ada, di Ende ada, di Bengkulu juga ada”. “Maka Guruh Sukarno Putra itu membuat sebuah Persada Sukarno”. “Ada Persada Soekarno Surabaya, Ende, Bengkulu, Mojokerto, Bandung dan yang baru diresmikan adalah Persada Soekarno Kediri”.

DSC04251 DSC04262

“Panji adalah simbol sebuah kepahlawanan, jadi kalau kita bisa meneruskan semangat perjuangan para pendahulu kita, maka kita itu Panji, mempunyai jiwa-jiwa Panji yang harus diutamakan, bukan hanya sekedar budayanya kita ketahui, tapi finish akhirnya mereka menjiwai sebagai pemimpin yang merakyat, pemimpin yang membela rakyat, sebagai orang yang mempunyai kepedulian kepada orang kecil itu Panji”. “Bagaimana jiwa-jiwa Panji mendarah daging pada diri kita”.

“Semangat LP2BN (Lembaga Pelindung Pelestari Budaya Nusantara), Semangat Panji, semangat Soekarno, semangat Gajah Mada, semangat Mojopahit, semangat Joyoboyo, semangat Diponegoro, semangat-semangat itu yang namanya Panji”, pungkas Kushartono.

Situs Ndalem Pojok menyimpan banyak sekali kenangan Bung Karno. Sebagai generasi muda penerus bangsa, kita harus melestarikan peninggalan sejarah dan menanamkan jiwa kebangsaan kedalam diri kita. Ingin tau lebih lanjut tentang Persada Sukarno? Silahkan berkunjung ke Kediri, Jawa Timur. (Widya)

 16 total views,  1 views today

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL