Pertukaran Pelajar Amerika Serikat dan Indonesia

Kediri, Beritamadani.co.id – Calon Relawan Peace Corps, Rabu, 01 Juni 2016, telah dilantik menjadi relawan oleh Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, sehingga tugas mereka di Bidang Pengajaran Bahasa Ingris di Sekolah Umum dan Madrasah di Seluruh Jawa Timur dan Jawa Barat, secara resmi dimulai hari ini. Relawan yang dilantik hari ini berjumlah 68 relawan, sehingga jumlah relawan sejak 2010 berjumlah 337 relawan.
Duta Besar Blake menyampaikan, “Dengan dukungan dari pejabat dan banyak pihak di Tingkat Nasional, Provinsi dan lokal selama ini, Peace Corps telah mengembangkan program kemitraan antar warga negara dan memperluas wilayah kerjanya di provinsi baru. Ikatan antara Relawan dan Masyarakat Indonesia memberi manfaat yang sama bagi kedua negara, yakni meningkatnya pemahaman dan rasa saling menghormati yang sangat penting bagi perkembangan hubungan antara dua bangsa”.
Sejak kehadiran mereka di Bulan Maret 2016 ini relawan angkatan ke tujuh (ID 10) mempelajari Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah (Jawa, Sunda, Madura) juga mempelajari budaya setempat. Dengan tinggal bersama keluarga angkat di 20 desa, yang masuk wilayah Kota dan Kabupaten Kediri. Dalam menjalankan Pelatihan Pra tugas ini Peace Corps bekerjasama dengan STAIN Kediri dan Wisma Bahasa. Untuk kegiatan Pratikum, Wisma Bahasa mengirim Guru Bahasa dari Yogyakarta, RELO, beberapa Sekolah Umum dan Madrasah di Kediri.
Relawan ini akan ditempatkan di 7 SMP, 19 SMA, 12 SMK, 13 MTs, 17 MA di seluruh Jawa Barat dan Jawa Timur. Mereka akan mengajar bersama guru mitra sekurang-kurangnya 20 jam perminggu, melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, tinggal bersama Keluarga Indonesia, turut serta kegiatan masyarakat, bersama pemuda setempat mendorong kegiatan kesukarelawanan, kepemimpinan dan keterampilan hidup.
Tentang Peace Corps, sejak Presiden John F. Kennedy mendirikan Peace Corps melalui Instruksi Presiden, pada 01 Maret 1961, lebih dari 220.000 Warga Negara Amerika memberi Pelayanan di 140 negara. Saat ini, 6919 Relawan bekerja sama dengan komunitas lokal 63 negara. Relawan Peace Corps haruslah Warga Negara Amerika dan berusia minimal 18 tahun. Pelayanan Peace Corps adalah komitmen selama 27 bulan dengan misi untuk mendorong perdamaian dunia, persahabatan dan pemahaman yang lebih baik antara Warga Amerika dan warga negara lain.(Made Sumadi)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL