Malang, www.beritamadani.co.id – Dalam rangka pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Koramil 0833/01 Klojen, Sertu Arif D dan Sertu Andre, mendampingi petugas Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan kegiatan fogging di RT. 08 RW. 02 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen, Rabu (17/4/2024).

Kegiatan fogging ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini biasanya berkembang biak di tempat-tempat yang kotor dan tergenang udara, seperti bak mandi, talang air, dan tempat penampungan udara lainnya.

Fogging dilakukan dengan menyemprotkan cairan insektisida ke seluruh area pemukiman warga. Fogging ini diharapkan dapat membunuh nyamuk dewasa dan jentik-jentiknya, sehingga dapat mencegah penyebaran DBD.

Selain fogging, Babinsa dan petugas Dinkes juga memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah DBD. Warga diimbau untuk membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, seperti bak mandi, talang air, dan tempat penampungan air lainnya.

Kegiatan fogging dan edukasi ini disambut baik oleh warga Kelurahan Oro Oro Dowo. Warga berharap kegiatan ini dapat membantu mencegah penyebaran DBD di wilayah mereka.

Babinsa Koramil 0833/01 Klojen, Sertu Arif D, mengatakan bahwa pihaknya selalu siap membantu pemerintah dalam upaya pencegahan DBD. “Kami selalu siap membantu pemerintah dalam berbagai kegiatan, termasuk pencegahan DBD ini,” ujarnya.

Sertu Arif D menambahkan, fogging dan edukasi kepada warga merupakan langkah yang penting untuk mencegah DBD. “Fogging dapat membunuh nyamuk dewasa dan jentik-jentiknya, sedangkan edukasi kepada warga dapat membantu mereka untuk menjaga kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Sertu Andre, Babinsa Koramil 0833/01 Klojen lainnya, mengimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari DBD,” ajaknya.

Untuk mencegah DBD, penting untuk kebersihan menjaga lingkungan, seperti : 1.Menguras bak mandi dan tempat penampungan air lainnya minimal sekali seminggu,2.Menutup rapat tempat penampungan udara,3.Membersihkan talang udara dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, 4.Menggunakan kelambu saat tidur, 5.Melakukan fogging secara berkala.

Jika mengalami gejala DBD, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.(Yuni)

Previous post <strong>PWMOI Nilai DK PWI Harus Tegas, Pecat Wartawan yang Korup dari Anggota PWI dan Proses Hukum</strong>
Next post Retak Pengurus PWI Pusat VS Penasehat Buntut Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah BUMN RP.2,9 Miliar, Perlu Reformasi!