Malang, www.beritamadani.co.id – Hari Koperasi Nasional ke-76, Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) memberikan penghargaan kepada para insan koperasi. Salah satunya adalah Wali Kota Malang Sutiaji yang dinilai telah berkontribusi dalam membina dan mengembangkan Koperasi di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

Dekopin Award 2023 yang digelar di Gedung Tenis Indoor GBK Senayan, Selasa (12/7/2023), Wali Kota Malang menerima penghargaan sebagai Pembina Koperasi Andalan yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Setda Kota Malang Tabrani, S.H., M.Hum.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji yang berhalangan hadir disela kegiatan kedinasannya menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi untuk makin mendorong koperasi makin berdaya dan menjadi Soko guru perekonomian nasional.

Senada dengan tema Peringatan Hari Koperasi tahun ini yakni “Pemajuan Koperasi, Kunci Kesejahteraan Masyarakat”, peran koperasi diharapkan turut serta membangun ekonomi masyarakat.

“Kalau pengelolaannya baik diharapkan bisa mensejahterakan anggotanya dan semakin memiliki daya saing. Terutama kehadiran koperasi untuk pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” terang Sutiaji.

Masih menurut Sutiaji, keterlibatan koperasi untuk menopang peningkatan UMKM di Kota Malang sangatlah penting. Misalnya dalam hal peminjaman dana sebagai modal bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha. Dalam perkembangannya, koperasi diharapkan juga dapat menjadi wadah untuk memasarkan produk-produk lokal.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Pemkot Malang tersebut mendorong pengembangan usaha koperasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Koperasi juga harus mampu mengikuti tren kekinian, digitalisasi, memanfaatkan teknologi yang bertujuan untuk memudahkan anggotanya. Maka dari itu koperasi harus selalu berinovasi,”pungkas Sutiaji. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Kota Malang Mengikuti Rakernas XVI APEKSI di Makasar</strong>
Next post <strong>Sumbangan Pendidikan Islam Bagi Kemajuan Bangsa dan Peradaban</strong>