Blitar, www.beritamadani.co.id – Bertempat di Patirtan Utara Candi Penataran, sebanyak 30 orang anggota Panitia Penyelenggara Kirab Tumpeng Agung Nusantara Gotong Royong ke-12 tahun 2023, melaksanakan Ritual Jamas Suci, mulai pukul 14.00 – 18.00 WIB, tanggal 19 Juni 2023.

Seperti yang disampaikan oleh Romo Pinandhito Lokmin, giat Ritual Jamas Suci tersebut dengan maksud untuk membersihkan jiwa raga, sesuai adat istiadat leluhur Bangsa Nusantara yang telah dilestarikan sejak 2012 hingga 2023 (12 tahun, red), oleh Lembaga Pelindung Pelestari Budaya Nusantara ( LP2BN) sebelum melaksanakan acara besar.

“Jamasan suci ini adalah upaya melestarikan budaya leluhur kita Bangsa Jawa Nusantara, untuk bersih diri, jiwa raga, agar dalam menjalankan Dharma Suci di Tumpeng Agung Nusantara Gotong Royong ke-12 tanggal 27 Juni 2023 nanti berjalan sukses, dan terhindar dari malapetaka,” jelas Romo Pinandhito Lokmin yang memimpin Ritual Jamas Suci tersebut.

“Tirta suci yang dipakai untuk jamasan ini kemarin telah dikumpulkan dari Tirta Suci dari kiblat papat Blitar Raya, berasal dari Situs Candi yang ada, dengan upacara Atur Piuning sehari kemarin,” tambahnya.

Disampaikan, selalu ada yang menarik pada penyelenggaraan Ritual Jamas Suci, tiap tahun.  Pada tahun yang ke-12 ini, walau  tidak begitu banyak yang bisa ikut acara, ini merupakan representasi dari 100 anggota Panitia yang datang dari berbagai Kota, dan Kabupaten, yang ada di Jatim.

“Ada wajah-wajah lama, juga ada wajah baru, seperti dari Angkatan Muda Gus Jeng Kabupaten Blitar,  dan beberapa perwakilan Kasepuhan yang baru bergabung pada tahun ini. Ada wakil dari Pemerintahan, baik eksekutif dan legislatif, dan ada pula dari unsur masyarakat, dan para tokohnya,” ujar Ki Aris Sugito, Ketua Panitia. (Ki Jontor Siswanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>10 Juta Liter Air PT Tirta Asasta Mengancam Keselamatan Warga</strong>
Next post <strong>Keislaman Tak Boleh Dibenturkan dengan Keindonesiaan</strong>