Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Wali Kota Malang Sutiaji bersama Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad, Mayjen TNI Dwi Wahyu Winarto, meninjau lokasi ambrolnya enam rumah yang berada di Jalan Muharto Gang VB, RT 05/RW 06, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, dari ambrolnya enam rumah tersebut, terdapat 11 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. Pihaknya pun berencana memberikan bantuan sebesar Rp 3 juta kepada masing-masing KK yang terdampak dalam insiden ambrolnya enam rumah tersebut. 

“Jadi pertama nanti akan ada bantuan per KK dulu kita kasih Rp 3 juta dari Baznas. Kedua, kami carikan rumah untuk pengungsian,” ungkap Sutiaji, Rabu (6/4/2022).

Orang nomor satu di Pemkot Malang ini menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak UPT pengelola Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kota Malang. Sutiaji meminta agar 11 KK yang terdampak ambrolnya enam rumah untuk sementara waktu tidak bertempat tinggal di lokasi tersebut. 

“Kalau memang rusunnya nanti siap ya nggak papa, yang bayar nanti mungkin kita (Pemkot Malang), masalah biaya nanti kami. Jadi biaya sewa nanti kami back up dulu. Sambil kita carikan solusi,” ujar Sutiaji. 

Jika tidak bersedia menempati Rusunawa Kota Malang tersebut, nantinya Pemkot Malang juga berupaya mencarikan lahan untuk tempat bernaung 11 KK yang terdampak dengan ambrolnya enam rumah tersebut. 

Namun, menurut Sutiaji, hal itu tidak mudah. Karena mungkin Pemkot Malang memiliki beberapa lahan yang belum digunakan, tetapi sudah masuk dalam site plan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

“Maka tidak bisa dilakukan apa-apa. Dana di kami ada, tapi kan tidak bisa, harus ada kajian dulu. Kalau nggak ada kajian nanti yang salah kita. Jadi ini yang kita lakukan bersama-sama,” tutur Sutiaji. 

Lebih lanjut, pihaknya juga berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas terkait pencegahan ambrolnya bangunan berada di wilayah BBWS Brantas. Karena perihal re lokasi ataupun penanganan bangunan di sepanjang Sungai Brantas merupakan kewenangan dari BBWS Brantas. 

“Ini kami hanya sekadarnya menangani, sekadar gitu aja. Karena ini bukan wilayah kami. Jadi kami kasih bronjong atau nanti PU akan melakukan itu, BPBD melakukan kegiatan itu, sepenuhnya kita ajukan ke provinsi dan pusat atau ke DAS,” tegas Sutiaji. 

Senada dengan itu, Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad Mayjen TNI Dwi Wahyu Winarto mengatakan, jajaran TNI-Polri beserta unsur-unsur lainnya sejak adanya peristiwa ambrolnya enam rumah pada hari Selasa (5/4/2022) kemarin, pihaknya menyatakan siap membantu jika dibutuhkan.

“Jadi Pak Wali Kota, di sini ada TNI, ada Polri, siap untuk dikerahkan. Manakala memang wilayah membutuhkan, kami selalu siap. Personel ada, material ada, kita siap-siap saja untuk kesejahteraan masyarakat. Di mana ada kesulitan di situ kita harus hadir,” ujar Dwi. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Peringatan HUT ke-76 Persit KCK di Korem 081/DSJ
Next post Mas Bup Dhito Dorong Penanganan Bedah Rumah Tak Lagi Menyebar Tetapi Tuntas Tiap Desa