Aksi Solidaritas Aliansi Wartawan Media Se-Kediri Raya Atas Pembunuhan Marasalim Harahap

Kediri, www.beritamadani.co.id – Aliansi Wartawan Media Se-Kediri Raya gelar aksi solidaritas yang mengutuk keras pembunuhan terhadap rekan seprofesi wartawan, Marasalim Harahap Pimred Lasser News Today.com, dari Karang Anyer Simalungun, Sumatera Utara.

Aksi solidaritas Puluhan wartawan ini dengan melakukan kirim doa, tabur bunga dan menyampaikan pernyataan sikap di depan Taman Makam Pahlawan Joyoboyo, Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Kediri, Kamis 24 Juni 2021. Pernyataan sikap dari para wartawan ini ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, terutama Kapolri untuk segera menangkap pelaku.

“Kami mendengar dan mengapreasi Polri sudah menangkap terduga pelaku yang mengambil nyawa rekan kami. Tumpas premanisme yang sewenang-wenang berbuat tindakan anarkis, bahkan sampai menghilangkan nyawa orang lain”, tegas Wawan Inspirasi kepada massa.

Sambil memakai pita hitam dan meletakkan Id Card, peserta aksi bertabur bunga sebagai bentuk solidaritas bersama. Bagus Suswanto, S.H.,M.H., memimpin doa bersama untuk almarhum.

Dikemukakan Andri Asharianto, S.H., selaku Koordinator Lapangan Solidaritas menyampaikan bela sungkawa sedalam dalamnya. Sebagai pernyataan sikap bersama, menyampaikan 5 sikap kepada Presiden Joko Widodo dan Kapolri sebagai berikut :

 1. Mengutuk keras terhadap aksi kekerasan penembakan yang dialami Marasalim Harahap, dimana aksi kekerasan yang menghilangkan nyawa itu merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan dan melawan hukum.

 2. Mendesak Polisi Republik Indonesia khususnya Polda Sumatera Utara untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut dan membawa pelaku serta yang terlibat ke meja hijau, hukum harus ditegakkan tanpa terkecuali. 

3. Meminta Kapolda Sumatera Utara bersikap transparan dalam perkara pembunuhan rekan kami kepada Marasalim Harahap, agar tidak terjadi simpang siur informasi. 

4. Mendukung pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku tindak kekerasan terhadap rekan  kami Marasalim Harahap. 

5. Meminta pihak Kepolisian Sumatera Utara khususnya Polres Pelabuhan Belawan meningkatkan rasa nyaman dan aman terhadap wartawan Medan Utara dalam menjalankan tugasnya wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

Diakhiri Pak De  Panggah (Cak Kasdoeri) dari media online www.beritamadani.co.id, memimpin doa bersama untuk keselamatan rekan wartawan se Kediri Raya dan aksi membubarkan diri setelah bersih-bersih lokasi depan Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Kediri. (Cak Kas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL