Bakti Sosial Gereja Jemaat Kristen Indonesia Bukit Sion Malang

IMG_3066 IMG_3073

Malang, Beritamadani.co.id – Kegiatan berbagi kasih yang diwujudkan dalam bentuk bakti sosial  dari Gereja  Jemaat Kristen Indonesia”Bukit Sion” Malang, dilaksanakan pada Hari Minggu, 17 Desember 2017. Yaitu dengan mengunjungi  Panti Asuhan ABBA di Jl.Lembah Dieng, Kota Malang. Kegiatan berbagi kasih ini adalah salah satu dari rangkaian acara yang ada di GJKI Malang dalam rangka Memperingati Kelahiran Yesus Kristus Tahun 2017.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari ucapan syukur dari Jemaat GJKI Malang, karena merasa begitu besar  kasih Tuhan kepada jemaat. Sepanjang hari, bulan dan tahun, Tuhan selalu memberkati , menyertai dan mengasihi. Sehingga jemaat dalam momen NATAL 2017 ini, terpanggil berbagi kasih dan mewujudkan kasih nyata itu dengan memberi kepada sesama yang membutuhkan.

IMG_3076 IMG_3192

Acara kegiatan berbagi kasih di Panti Asuhan dari Yayasan Anak Bangsa Berkat Anugerah(ABBA) ini, yang pertama yaitu mengadakan kebaktian bersama yang dihadiri oleh Anggota Jemaat GJKI dan semua pengurus dan anak-anak panti. Kedua adalah acara berbagi berkat dengan memberikan donasi untuk berbagai kebutuhan bagi anak-anak panti asuhan, berupa sepatu, alat tulis, baju, alat mandi,sembako(beras dan mie instan) dan uang.

Dalam sambutan singkatnya sebelum kebaktian, Pdt.Ester mengatakan,”Kegiatan berbagi kasih hari ini merupakan ucapan syukur kita,karena kebaikan cinta kasih Tuhan yang luar biasa sudah memberkati dengan berlimpah-limpah setiap hari. Pada hari ini jemaat terpanggil untuk belajar memberi,berupa sembako, peralatan mandi dan sepatu,jangan dilihat dari berapa jumlahnya tetapi kami berharap donasi ini bermanfaat bagi anak-anak panti asuhan.Semoga Tuhan membalas berlipat kali, ganda, bagi yang telah menyiapkan donasi pada hari ini”.

IMG_3170 IMG_3279

Kemudian acara dilanjutkan dengan Ibadah atau Kebaktian, Jemaat GJKI”Bukit Sion” dan Anak-anak Panti Asuhan “ABBA”. Rangkaian ibadah yaitu seperti biasa: 1.Puji-pujian penyembahan, 2.Doa awal, 3.Kesaksian, 4.Firman Tuhan, 5.Persembahan dan 6.Doa berkat.

Pembawa firman pada kesempatan ini adalah Ev.Sarah, STh.,dalam khotbahnya disampaikan,”Sering Kali orang Kristen menjadikan Filipi 4:19 sebagai ayat emas, karena mereka meyakini bahwa Allah Bapa di Sorga, akan memenuhi segala keperluan mereka. Allah di dalam Kristus Yesus, pasti akan memenuhi segala keperluan kita, jika kita melakukan apa yang Allah kehendaki-Nya. Ayat ini merupakan doa yag lahir dari iman Paulus, sebagai bentuk ucapan syukurnya kepada Allah karena Jemaat Filipi telah banyak mendukung pelayanannya, dalam menyebarluaskan Injil. Jemaat Filipi beberapa kali telah mengirimkan uang untuk Paulus, ketika Paulus melayani di Tesalonika bahkan ketika di dalam penjara (ay.15,16,18).Kasih adalah memberi. Karena Jemaat di Filipi mengasihi Tuhan, maka mereka memberi untuk pekerjaan Tuhan. Memberi adalah gaya hidup orang Kristen. Karena Allah yang lebih dahulu memberikan teladan kepada kita dalam hal memberi. Yaitu dengan memberikan putra-Nya yang tunggal, menjadi korban bagi penebusan manusia yang berdosa (Yohanes 3:16). Allah pasti akan memenuhi segala keperluan kita. Kuncinya adalah dengan memberi. Memberi kepada sesama, terutama untuk pelayanan Pekabaran Injil.  Suatu korban yang harum, disukai dan berkenan kepada Allah (ay.18). Yakni pemberian yang berasal dari hati yang tulus dan memberi dengan sukacita.  Yang tujuannya hanya satu, agar Allah dan Bapa Kita dimuliakan selama-lamanya (ay.20).Terpujilah Tuhan, jika masih ada hari ini, mari kita mengasihi, dengan memberi seperti Allah Bapa yang telah banyak memberi kepada kita”.

Lebih lanjut dalam dalam khotbah ini, Ev.Sarah, STh.,menyampaikan,”Rumus matematika dunia 2-2 =0, tetapi rumus matematika Allah berbeda, 2-2= bisa 2, 4, 6, 10 bahkan 100. Dengan memberi kita tidak akan kehilangan, tetapi justru akan mendapat. Semakin banyak memberi, semakin banyak kita akan menerima dari Tuhan, karena Allah yang berjanji pasti akan menepati janji-Nya. Ia akan memenuhi segala keperluan kita menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus”.

IMG_3264 IMG_3257

Setelah selesai kebaktian, kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian sepatu, alat tulis, sembako dan uang tunai dimana uang tunai ini merupakan semua hasil persembahan jemaat pada kebaktian kali ini. Serah terima dilaksanakan secara simbolis dari Ibu Gembala GJKI “Bukit Sion Malang” Pdt.Ester, kepada pengurus Panti Asuhan  dari Yayasan “ABBA” saudara Alex Nanlohi. Kegembiraan dari anak-anak panti asuhan ini muncul, ketika semua penerima berkat membuka satu-persatu paket yang telah disiapkan untuk seluruh anak-anak di Panti Asuhan “ABBA”.

Ditempat terpisah tetapi masih dalam Lingkungan Panti Asuhan dibawah naungan Yayasan “ABBA” ini, Awak Beritamadani.co.id, berhasil mewancarai  Alex Nanlohi, Pengurus Panti Asuhan “ABBA”, disampaikan bahwa: ”Yayasan Anak Bangsa Berkat Anugerah ini dibawah naungan yayasan missi yang melayani anak-anak yang berkebutuhan khusus yang berisiko,kami memfasilitasi untuk melayani pembagian berkat, sehingga mereka bisa menikmati kehidupan yang lebih layak.Total anak disini 25 anak, dari umur 4 tahun sampai anak yang sudah SMA. Yayasan ini sudah lama yaitu di Surabaya, kemudian pindah ke Pandaan dan sekarang pindah ke Malang sekitar 4 tahun, Puji Tuhan saat ini di Malang sudah memiliki  bangunan dan sudah menjadi hak milik sendiri ,karena Tuhan yang kasih. Pendiri yayasan ini Bapak Nofianus dan saat ini beliaunya pelayanan di Sumba. Kami sangat terbuka untuk menerima bantuan, apalagi di sini melayani anak-anak dari luar pulau, bila bapak ibu saudara ingin memberkati, boleh datang ke tempat ini, di Yayasan ABBA Jl.Lembah Dieng No.7, Malang”.

IMG_3273 IMG_3283aa

Perlu anda ketahui bahwa Gereja Jemaat Kristen Indonesia (GJKI) Malang, merupakan gereja lokal yang Injili, yang beralamat di Jl.Wendit Timur No.22, Mangliawan, Kab.Malang, dengan Gembala Pdt.Ester Sri Purwaningsih, BA,STh,M.Miss.,saat ini focus untuk mewujudkan jemaat yang sehat dan bertumbuh untuk menjadi gereja yang missioner. Apabila kita merasa diberkati marilah kita memberkati.(Dave-Arin)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL