Malang, www.beritamadani.co.id – Pemerintah Kota Malang menyelenggarakan sosialisasi persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) Berusaha Berbasis Risiko. Acara ini berlangsung di Jl. Raden Panji Suroso No.7, Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang, pada Selasa, (31/10/2023).

Dalam acara ini, narasumber berasal dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) serta Dinas Ketenagakerjaan dan Perizinan (Disnaker Perizinan). Para pengusaha yang beroperasi di Kota Malang, juga turut hadir dalam acara ini.

Drs. Alie Mulyanto, M.M., Staf Ahli Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat, dan Sumber Daya Manusia Kota Malang, mewakili Pj Wali Kota Malang yang berhalangan hadir, menjelaskan tujuan dari sosialisasi ini.

“Adanya sosialisasi KKPR ini yang berkaitan dengan perizinan. Selama ini banyak masyarakat yang bingung dengan proses perizinan. Dengan sistem sosialisasi ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat, terutama para pengusaha,” ujarnya.

“Secara normatif, ada dua kelompok yang terpengaruh oleh KKPR, yaitu yang bergerak di bidang usaha dan yang bukan pengusaha. Oleh karena itu, sosialisasi ini akan menjelaskan secara rinci bagaimana kaitannya dengan perizinan dan bagaimana proses verifikasi dan validasi administratifnya,” tambahnya.

Dandung Djulhartanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, menggarisbawahi pentingnya acara ini.

“Kami mengundang pelaku usaha dari berbagai sektor, termasuk UMKM, waralaba, dan pendidikan. Sosialisasi ini penting untuk memastikan bahwa pemanfaatan ruang sesuai dengan fungsi penataan yang ada. Ini bertujuan agar masyarakat dalam proses pembangunan dapat beroperasi sesuai dengan aturan yang ada, sehingga meminimalkan risiko yang mungkin timbul,” katanya pada (31/10/2023).

Acara sosialisasi persetujuan KKPR ini menjadi langkah penting dalam upaya Pemerintah Kota Malang untuk meningkatkan pemahaman dan ketaatan terhadap peraturan perizinan di Kota Malang. (Nazila Aisy Zahra/ IAIN Ponorogo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Ketua DPRD Kota Malang Hadiri Deklarasi Pemilu Damai di Makorem</strong>
Next post <strong>Bakti Sosial Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya</strong>