Malang, www.beritamadani.co.id – Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir Wahyu Hidayat, M.M., menghadiri pelepasan Kontingen Jambore Daerah tahun 2023. Terdapat 65 orang Kontingen Jambore perwakilan Kwarcab Kota Malang yang akan dikirim ke Jambore Daerah. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Balai Kota, pada Jum’at (29/09/2023).

Pada saat di awancarai tim media ini Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir Wahyu Hidayat, M.M., menyampaikan dari 65 orang Kwartir Cabang Kota Malang yang akan dikirim ke Jamda 2023. Mereka akan membawa nama Kota Malang dan tentunya berusaha meraih prestasi yang gemilang di sana.

Wahyu juga menyampaikan harapannya jika target prestasi tahun ini tentu lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Karena beberapa prestasi yang diraih pada tahun kemarin selalu menduduki posisi kedua, dan berharap tahun ini bisa meraih peringkat pertama.

Jambore Daerah 2023 ini juga melibatkan para disabilitas, sebanyak 15 disabilitas. Sebagai bentuk perhatian dari Kwartir Cabang Kota Malang.

“Walau pun mereka memiliki kebutuhan khusus, tetapi mereka tetap bisa berpartisipasi dan merasakan kegembiraan dalam Jambore Daerah 2023 ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Malang, Heri Sunarko, menyampaikan bahwa para kontingen ini telah melakukan persiapan kurang lebih dari empat bulan sebelum keberangkatan. Mereka yang terpilih juga telah melalui serangkaian beberapa seleksi.

“Proses seleksi melibatkan hampir 150 peserta, namun akhirnya kita memilih 65 yang terbaik. Dari jumlah tersebut, sekitar 50 orang adalah penggalang, sementara 15 lainnya akan bertindak sebagai pendamping. Seleksi dilakukan di tingkat kwartir cabang dengan mempertimbangkan aspek fisik, kemampuan, dan persyaratan lainnya. Para kontingen berasal dari beragam sekolah di Kota Malang, Mulai dari SMPN, SMP Islam, maupun MTS,” ungkapnya.

Kedepannya, pada November akan diadakan kegiatan Jambore tingkat Penegak, dimana saat ini adalah tingkat Penggalang. Peserta kontingen Jambore dari berbagai daerah SMP sederajat berusia maksimal 15 tahun.

Pada akhir kegiatan ini mereka berharap dapat menjaga marwah Kota Malang. Dimana mereka akan dibekali untuk promosi destinasi wisata yaitu Kayutangan Heritage,

“Yang pasti harapan saya pada akhir kegiatan, mereka bisa menjaga marwahnya Kota Malang termasuk kita bekali kemampuan mereka mempromosikan destinasi wisata. Sudah kita bekalkan ke mereka, yang nge-trend kan Kayutangan Heritage,” pungkas Heri. (Tamaya Elok/IAIN Ponorogo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>DPRD Kota Malang Mengundang Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat</strong>
Next post <strong>Wahyu Hidayat Memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila</strong>