Pengurus Baznas Kota Malang Priode 2023-2028 Resmi Dilantik

Malang, www.beritamadani.co.id – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, resmi melantik 5 Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang Periode 2023-2028, di Hotel Savana, pada Rabu ( 06/09/2023).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan bahwa dengan adanya 5 Pimpinan baru tersebut diharapkan kedepannya potensi zakat di Kota Malang bisa terus dikuatkan. Mulai dari segi perencanaan, operasional hingga manajerial, bisa tertata dengan baik.

“Harapan kami nanti kedepannya bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan zakat, baik dari segi perencanaan, operasional, maupun manajerialnya, itu bisa ditata dengan baik. Manajerial bisa ditingkatkan dengan menata program-programnya,” ungkapnya.

Beliau juga berharap bahwa ke 5 Pimpinan Baznas yang baru bisa lebih amanah dan terus memiliki komitmen yang tinggi. Kemudian, juga terus berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk terus menyadarkan zakat.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Malang, Kasuwi Syaiban menyampaikan jika usai pelantikan tersebut akan menjalankan sesuai dengan visi Baznas, sebagai lembaga yang mensejahterakan umat melalui zakat.

“Kami akan menggali potensi yang selama ini mungkin belum optimal. Misalnya di tempat-tempat yang mestinya itu harus optimal perolehan zakatnya itu akan kami optimalkan. Kemudian, lembaga zakat di swasta juga akan kami optimalkan termasuk para pegawai negeri sipil. Kami akan masuk ke lembaga terkait, sehingga harapannya mereka berzakat bukan dengan paksaan, tapi secara sadar menyalurkan infaq dan sodaqohnya kepada Baznas Kota Malang,” ungkapnya.

Kasuwi Syaiban juga menjelaskan dengan target sekitar Rp 30 juta per masjid. Maka hasil zakat yang akan dikumpulkan setiap tahunnya diharapkan mampu mencapai Rp 20 miliar. Kemudian dari hasil pengumpulan tersebut, akan disalurkan kepada fakir miskin serta para penerima zakat lainnya.

Selain Kasuwi Saiban sebagai Ketua baru Baznas Kota Malang. Pimpinan Baznas periode 2023-2028, sebanyak 4 orang, yang telah dilantik antara lain; Sutomo, Muhammad Wakhid, Edy Hayatullah, dan Sulaiman. Dimana seluruhnya telah melalui proses seleksi, mulai dari tahap administratif, hingga tahapan pengujian oleh Baznas Pusat dan Provinsi Jawa Timur. (Tamaya Elok Karenina/IAIN Ponorogo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *