Malang, www.beritamadani.co.id – Bertempat di Gedung Aula Panji Dinas Pendidikan Kabupaten Malang diadakan Diskusi Pembelajaran Abad 21, dan Penguatan Literasi Merdeka Mengajar melalui HIBRID LEARNING, Senin (29/5/2023).

Diskusi dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Drs. Suwadji, M.Si., Ketua Yayasan Stikes Kepanjen Bambang Suryanto, S.E., M.Si., A.K.A.,P.H.D., Kepala Sekolah, Pengawas dan Guru Kreatif se Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Drs. Suwadji, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menyampaikan, sebagai guru penggerak artinya guru mempunyai kompetensi, kepribadian yang unggul dimana guru mempunyai akhlak yang mulia, dan karakter yang bagus, juga mempunyai merdeka mengajar. Guru harus profesional artinya guru harus menguasai materi pembelajaran, guru harus mempunyai kompetensi sosial dalam arti guru bisa berinteraksi yang baik dengan murid, dengan kepala sekolah, guru dengan guru, dan guru dengan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan, didalam kurikulum merdeka, siswa mempunyai merdeka belajar. Memiliki karakter pelajar Pancasila,dengan pendidikan karakter Pelajar Pancasila, dimana mempunyai sifat positif, seperti budi pekerti, sopan santun, kerja keras, mandiri dan kreatif. Sehingga guru dapat mengembangkan minat dan bakat siswa dan kemandirian murid.

Selain itu dengan berkarya akan bisa menambah nilai lebih. Kehidupan selalu terus-menerus berkembang sehingga penggunaan teknologi informasi, diharapkan semakin berkembang dalam program Merdeka mengajar.

“Kurikulum Merdeka harus sudah dilaksanakan tahun pelajaran 2023-2024, untuk jenjang PAUD, SD, SMP di Kabupaten Malang. Proses transfer informasi (Teknologi Informasi) sangat berpengaruh besar terhadap dunia IT siswa. Anak-anak bisa menetralisir dengan menjadi Pelajar Pancasila. Oleh karena itu cerdas akal dan hati, tingkah laku, pekerja keras, jiwa gotong-royong, tolong-menolong, kreatif, bernalar kritis, sangat perlu dimasukkan didalam Kurikulum Merdeka,” pungkas Drs. Suwadji, M.Si. ( Bagio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post ALL – Accor Live Limitless Bergabung di Kemeriahan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023
Next post <strong>Merasa Dilecehkan Wartawan SMNNews Resmi Laporkan Staf PT Lesaffre ke Polres Malang</strong>