Malang, www.beritamadani.co.id – Bertempat di Halaman Balai Kota Malang, peringatan Hardiknas kali ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-27, dan HUT ke-109 Kota Malang. Selasa (2/5/23).

Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji selaku inspektur upacara menyampaikan, bahwa dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional kali ini dikuatkan temanya, berkaitan dengan bagaimana “Merdeka Belajar” bisa digerakkan. Karena makna dari Merdeka Belajar itu sesungguhnya adalah mengorangkan orang.

“Jadi siswa harus menerima pembelajaran itu dalam kondisi tidak tertekan dan senang. Sumber ajar bukan hanya dari guru dan lingkungan sekolah, tapi juga bisa dari lingkungan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Sehingga harapannya, menurut orang nomor satu di Pemkot Malang ini, para siswa nanti akan kuat dalam bidang integritas, kuat menghormati saudara saudaranya, lingkungannya, bukan hanya manusia, tetapi juga alam semesta. Karena alam semesta juga memberikan kontribusi terhadap pendewasaan dan penciptaan karakter bangsa.

“Karena itu kedepan tidak ada alasan lagi guru kekurangan tenaga pengajar. Karena siswa lebih dikuatkan pengembangan dirinya sendiri, guru hanya fasilitator saja. Sebab bahan ajar sumber ajar bukan hanya guru, dan di lingkungan sekolah, tetapi di rumah dan lingkungan sekitar,” jelasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H., M.Han, berharap agar apa yang disampaikan dalam amanat Wali Kota dapat diterapkan di Kota Malang.

“Semoga dunia pendidikan di Indonesia semakin maju. Apa lagi di Kota Malang adalah barometer para pelajar,  bisa semakin baik,” ucap pria berdarah Madura ini.

“Dengan harapan mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan ‘Merdeka Belajar’. Mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Wakil Wali Kota Malang, Wakapolresta Malang Kota AKBP Apip Ginanjar, S.I.K.,M.Si., Kajari Kota Malang Edy Winarko, S.H.,M.H., Danrem 083/Bdj diwakili oleh Kasi Ops Korem 083/Bdj Mayor Inf Galih Sakti Pramidyo, Pangdivif 2 Kostrad diwakili oleh Iruttum It Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Tri Wahyu Aji, Danlanud ABD Saleh diwakili oleh Kadispotdirga Lanud Abd. Saleh, Kolonel Tek Chaeruman, Danlanal Malang diwakili oleh Palaksa Letkol Laut (P) Thomas A. Dhamang S., Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana, Ka. Bakesbangpol Kota Malang.

Para jajaran Danramil Kodim 0833/ Kota Malang dan Kapolsek Polresta Malang Kota, Jajaran OPD se- Kota Malang, Para Camat dan Lurah se- Kota Malang, Para Kepala Sekolah se-Kota Malang, dan para tamu undangan lainnya.

Setelah upacara selesai, para undangan melanjutkan dengan acara halalbihalal dan saling bersalaman karena masih dalam suasana Idul Fitri. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Progres SPAM Baru Tugu Tirta On Track</strong>
Next post <strong>Nurul Setyowati Angkat Bicara Terkait Merdeka Belajar</strong>