Malang, www.beritamadani.co.id – Wali Kota Malang Sutiaji yang juga sebagai Dewan Pertimbangan Partai Demokrat menyatakan dirinya tidak bakal maju dalam bursa pencalonan legislatif. Hal ini disampaikannya saat mendampingi Bacaleg (Bakal Calon Legislatif) Partai Demokrat mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kota Malang yang berlokasi di Jalan Bantaran No.6 Kota Malang.

“Ada pertanyaan dari teman-teman media, apakah kami maju mencalonkan sebagai anggota legislatif. Jawabannya, kami tidak mencalonkan sebagai anggota legislatif baik untuk daerah, provinsi maupun pusat,” bebernya, Minggu (14/05/2023).

Dirinya lebih mencurahkan pikiran untuk para Caleg yang mempunyai komitmen dan kompetensi. “Jadi nanti, Caleg Partai Demokrat akan kami briefing. Sebagai Dewan Pertimbangan, maka kami akan memberikan materi-materi yang harus dikuatkan. Ada legal drafting dan bagaimana membaca APBD karena nantinya ada sistem budgeting dan ada pengawasan,” tuturnya.

Dikatakannya, dirinya hadir untuk mendampingi dan memberikan dukungan kepada Partai Demokrat sudah berkonsultasi dengan pihak KPU dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu).

Keberadaan kami di sini, sudah konsultasi dengan KPU dan Bawaslu. Apakah kami diperbolehkan mengantar, mengingat kami masih menjabat sebagai Wali Kota. Ternyata, diperbolehkan. Jadi, sama sekali kami tidak melakukan intervensi,” terangnya.

Baginya, tahapan Pemilu ini merupakan proses pembelajaran politik. “Jangan sampai ada kezaliman penguasa. Untuk itu, kami minta kepada teman-teman media maupun masyarakat untuk  memberikan masukan jika apa yang dilakukan para Caleg ada yang kurang baik. Kami berharap, proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dikawal teman-teman media,” ujar Sutiaji.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Malang Imron menyampaikan bahwa Partai Demokrat mengusung 41 Bacaleg dengan target pemenangan 9 kursi.

 “Kami siap untuk mengikuti pertarungan dalam Pemilu 2024. Kami sudah sepakat dengan Dewan Pertimbangan Partai Demokrat yang saat ini menjadi Wali Kota Malang untuk menargetkan 9 kursi,” ungkap Imron. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>1936 Nasi Tumpeng Dikirab di Kota Malang</strong>
Next post <strong>Targetkan 9 Kursi Golkar Resmi Daftarkan 45 Bacalegnya di KPU Kota Malang</strong>