Kediri, www.beritamadani.co.id – Hari Jadi ke-1219 Kabupaten Kediri yang jatuh pada tanggal 25 Maret mendatang merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kabupaten Kediri. Terdapat Banyak sekali rangkaian kegiatan termasuk operasi katarak gratis yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul (RSUD SLG).

Tercatat, warga yang sudah mendaftar untuk operasi katarak mencapai kurang lebih 313 orang. Pasien yang lolos screening, pada hari itu juga langsung mendapat tindakan operasi mata oleh dokter spesialis.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Sosial, Tri Rismaharini, didampingi Mas Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, beserta jajaran Forkopimda lainnya meninjau jalannya kegiatan tersebut. Sesekali Bu Risma bersama Mas Bup menyapa warga yang sedang antri menunggu giliran screening.

Saat jumpa Pers, Risma berpesan agar operasi katarak ini bisa selesai dalam waktu cepat.

“Kalau bisa mendekati sebelum puasa kegiatan ini bisa selesai,” kata Risma, Jumat (17/3/2023).

Menurut Risma, dengan banyaknya pasien, maka screening harus dilakukan secepat mungkin dengan memperhatikan kondisi pasien. Sebab, apabila terlalu lama menunggu antrean, maka dikhawatirkan pasien bisa stres.

Jika mengalami stres, maka dikhawatirkan tensi darah pasien akan naik, sehingga operasi katarak bakal tertunda.

“Kalau semakin cepat, maka para pasien juga merasa semakin santai,” jelasnya.

Risma melanjutkan, merujuk pengalamannya, kegiatan screening pasien operasi katarak dengan jumlah 200 orang dapat diselesaikan dalam kurun waktu dua sampai tiga hari.

Menanggapi arahan Bu Risma, Mas Bupati Menginstrusikan Kepala Dinas Kesehatan untuk menambah petugas dan alat screening agar proses bisa berjalan lebih cepat.

“Sesuai catatan Kemensos, idealnya perhari itu dapat menangani pasien sejumlah 70 orang dan dapat diselesaikan dalam waktu 2-3 hari,” jelas Mas Bupati.

Pada akhir acara, Mas Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia dan para donatur yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan operasi katarak gratis di Kabupaten Kediri.(Adv Kominfo Kab Kediri-Cakas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Wali Kota Sutiaji Sambangi Kampung Qur’an di Sudimoro</strong>
Next post <strong>Universitas Paramadina dan Green Waqf, Sinergitas Pembangunan Kampus Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan</strong>