Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) DPD Malang Raya resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum DPP IWO Indonesia, NR.Icang Rahardian, S.H.,  bertempat di Ruang Sidang DPRD Kota Malang. Sabtu (28/01/2023).

Organisasi professional wartawan IWO Indonesia ini merupakan wadah untuk bernaungnya para jurnalis juga sebagai tempat untuk berproses menjadi wartawan pengusaha. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP (Dewan Pimpinan Pusat) IWO Indonesia NR. Icang Rahardian, S.H., usai melantik 33 Pengurus DPP IWO Indonesia Malang Raya di Gedung DPRD Kota Malang.

NR. Icang Rahardian optimis keberadaan IWO Indonesia dapat memberikan kesejahteraan bagi para jurnalis. Untuk itu, pihaknya meluncurkan Startup IWOI Jek, IWOI Food dan lainnya, yang dapat diunduh di Playstore dan difungsikan oleh anggota IWO Indonesia. “Jika jurnalis tidak sejahtera, pasti banyak masalah. Namun, jika para jurnalis sejahtera maka akan indah pada waktunya,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya pun telah membuat pilot project, Internet Service Provider (ISP) dengan memasang BTS (Base Tranceiver Station) di wilayah Sumatera. “Mudah-mudahan ISP yang kita miliki juga bisa direalisasikan di Malang Raya,” harapnya.

Tak kalah penting, di Bulan April 2023, IWO Indonesia akan didaftarkan sebagai Konstituen Dewan Pers sehingga jurnalis yang dianggap sebagai bagian dari pilar bernegara dapat dilibatkan dalam setiap kebijakan yang diambil Pemerintah. “Karena setiap kebijakan jika tidak didukung oleh media, akan ada masalah. Maka, kami minta kepada Ketua DPRD Kota Malang untuk melibatkan teman-teman jurnalis dalam setiap kegiatan, dan IWO Indonesia akan selalu bersinergi juga mendukung program-program Pemerintah,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Icang juga menyampaikan bahwa sudah ada 23 provinsi dan sekitar 200 DPD Kabupaten/Kota yang telah tergabung dalam IWO Indonesia. “Harapan kami, bagaimana teman-teman bisa nyaman bersama IWO Indonesia karena tagline kami ‘ Zero Rupiah’. Tidak ada penarikan untuk uang seragam maupun Id Card karena target kami bagaimana teman-teman jurnalis bisa sejahtera,” tuturnya.

Menanggapi pertanyaan terkait kemiripan IWO Indonesia dengan yang lain, Icang mengatakan untuk mengecek kembali legalitas masing-masing. “Saya dulu di sana, silakan untuk mengecek legalitasnya. Bila IWO Indonesia jelas bisa dilihat oleh semua,” tandasnya.

Apresiasi dan dukungan datang dari Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, yang berjanji akan menggandeng awak media dalam kegiatan wawasan kebangsaan yang menjadi program BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila).

“Peran media adalah memberikan berita yang berkualitas dan dapat memberikan pendidikan komunikasi. Kami akan membuat kegiatan dan sepakat memberikan wawasan kebangsaan. Namun, sebelumnya harus melalui BPIP, dan kami akan menggandeng teman-teman media untuk kegiatan tersebut,” tutur Made yang juga sebagai Pembina IWO Indonesia Malang Raya yang baru dikukuhkan tersebut.

Dikatakannya, dalam materi wawasan kebangsaan akan ditekankan bahayanya media sosial. “Di sini, pembicaranya teman-teman media untuk memberikan bagaimana cara berkomunikasi yang santun, dan kami akan berkolaborasi bersama,” pinta Made.

Dirinya berharap, IWO Indonesia dapat memberikan literasi kepada masyarakat dengan menyajikan informasi yang baik lantaran masyarakat Indonesia merupakan pengguna media sosial tertinggi namun minat bacanya rendah.

Sementara itu, Ketua IWO Indonesia Kota Malang Yuni Ektanta mengharapkan kepada Forkopimda agar tidak alergi terhadap para jurnalis. “Mari kita bersinergi karena jurnalis adalah salah satu Pilar Demokrasi. Tanpa ada jurnalis sebaik apapun program Pemerintah, saya kira akan nol,” ucapnya.

“Jangan khawatir apabila ada anggota kami yang menyajikan berita hoax. Tegurlah kami dan kami akan mengevaluasi,” imbuh Yuni.

Yuni juga menimbau khususnya kepada anggota IWO Indonesia DPD Malang Raya untuk menjadi jurnalis yang dapat dipercaya, serta dapat memberikan kesejukan bagi pembaca. “Perangilah berita hoax dan marilah kita bersinergi, karena sebuah organisasi akan pincang jika tidak ada dukungan dari para anggotanya,” seru Yuni.

Dalam acara ini Pemkot Malang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum (Asisten 3) Syailendra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ikatan Wartawan Online Indonesia diharapkan dapat memberikan support, masukan, serta menjadi mitra dari Pemerintah Kota Malang, terutama untuk mengkritisi hal yang positif melalui pemberitaan.

“Wartawan adalah salah satu Pilar Demokrasi dan tentunya menjadi tanggungjawab juga bagi wartawan dan media massa untuk memberikan sesuatu yang transparan, terbuka, sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Dalam Pelantikan dan Pengukuhan DPP IWO Indonesia Malang Raya ini dihadiri oleh perwakilan dari Kepolisian, Kejaksaan, Direktur Utama Tugu Tirta M.Nor Mukhlas, dan para undangan yang berasal dari DPD IWO Indonesia Blitar, Kediri Raya, Mojokerto, Jombang, Surabaya, Banyuwangi, serta DPD IWOI yang berada di wilayah Tapal Kuda. Bahkan Pengurus DPD IWOI Prabumulih pun turut hadir.

Perhelatan juga dihibur dengan tarian Selamat Datang dari Sanggar Tari Sardulo Djojo, dan Tari Wonderland Indonesia dari siswa SD Muhammadiyah 4 Kota Malang serta penampilan dari Pencak Silat Pagar Nusa. (Ast)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>HUT ke-50 PDI-P Kota Malang Melaksanakan Tanam Pohon dan Membersihkan DAS Brantas</strong>
Next post <strong>Bapenda Kota Malang Launching SPPT PBB Tahun 2023</strong>