Malang, www.beritamadani.co.id – Pemerintah Kota (Malang) melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang berkolaborasi dengan Dekranasda dan berbagai pihak terkait menggelar Gebyar UMKM dan Konser Amal 2023 di Stadion Gajayana Kota Malang. Minggu (22/1/2023).

Gebyar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini dalam rangka mendukung pelaku UMKM dan menggairahkan pariwisata dengan kegiatan positif lintas pemangku kepentingan.

Wali Kota  Sutiaji menyampaikan, bahwa Gebyar UMKM ini sebagai sarana promosi produk-produk UMKM melalui agenda tahunan Kota Malang dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi daerah.

“Sesuai amanat Presiden RI dimana berkali-kali disampaikan supaya penguatan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi mikro. Maka diawal tahun 2023 ini dilakukan dengan; Pertama mengecek bagaimana sih pemberdayaan UMKM yang sudah dikurasi oleh Pemkot Malang melalui Diskopindag,” papar Sutiaji.

Sutiaji menjelaskan bahwa saat ini ada kurang lebih 50 stand UMKM binaan Dekranasda, PKK, dan Diskopindag yang mengikuti, dan memeriahkan Gebyar UMKM tersebut.

“Yang kedua ini sambil tipis-tipis, ASN kan wajib belanja UMKM ini sambil ngecek. Jadi dalam kegiatan ini ASN diajak untuk belanja UMKM. Lalu tadi kita launching Sahabat UMKM dimana per Kelurahan ada dua orang,” jelasnya lagi.

Ia mengatakan bahwa tugas sahabat UMKM pertama adalah untuk menginventarisir potensi UMKM yang ada di wilayah tersebut untuk kemudian di-clustering jenisnya apa saja.

Wali Kota Sutiaji berharap kedepannya dapat semakin baik serta menjadi pamacu dan pemicu menuju berkembangnya UMKM khususnya di Bumi Arema.

Ditambahkannya, kedepan Pemkot juga akan melakukan survei tentang demand untuk lokal dan nasional. Tujuannya adalah untuk mengetahui produk-produk apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dalam Gebyar UMKM ini terdapat bazar makanan tempo doeloe khas Kota Malang, bazar produk UMKM dan belajar pembuatan keramik serta pertunjukkan ketoprak oleh jajaran perangkat daerah. Selain itu pada kesempatan ini juga diberikan apresiasi kepada stand terbaik di gebyar UMKM yang jurinya merupakan akademisi dinilai dari cita rasa, dekorasi, dan penyajiannya. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Museum Gubug Wayang Gelar Pameran di Tunjungan Plaza 6</strong>
Next post <strong>Diskopindag Kota Malang Sosialisasikan Aplikasi Malpro</strong>