Sanggar Tari Gubug Wayang Hadirkan Tari Keris di Hawai Waterpark Malang

Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Untuk memberikan tontonan dan tuntunan kepada pengunjung, management Hawai Waterpark sengaja menghadirkan pertunjukan Tari Keris khas dari Pulau Dewata. Tari ini dikenal dengan nama Keris Dance atau Tari Keris.

Kris Dance atau Tari Keris hadir di Hawai Waterpark Malang tepatnya di wahana Malang Night Paradise sudah sejak, 12 Oktober 2022. Tari Keris ini merupakan tarian dari Bali yang menjadi satu bagian dengan Tari Barong. Tari Keris memiliki latar belakang untuk menunjukan bahwa di dunia ini terdapat dua hal unsur penting yaitu kebajikan dan kebatilan. Dua hal tersebut selalu berlawanan bahkan terjadi pertengkaran antara keduanya. Dimana kebajikan yang dikodratkan melawan kebatilan, tetapi di satu sisi kebatilan tak mau kalah pula.

Tari Keris (Kris Dance), dimana para penarinya menusukkan keris ke tubuh masing-masing, menggambarkan kebatilan melawan kebajikan, yang pada akhirnya dimenangkan oleh kebajikan.

Menurut Zura Nurja Ana, tujuan ditampilkan Kris Dance itu sendiri yaitu untuk melestarikan budaya dari Pulau Dewata di Malang sekaligus mensupport dan mendukung wahana-wahana yang ada di Hawai Waterpark Malang melalui edukasi budaya.

Kris Dance ini juga sebagai persembahan dan aksi nyata dari Museum Ganesya Malang dalam semangatnya melestarikan budaya melalui tari-tarian.

Kris Dance di Hawai Waterpark Malang ini selalu disajikan setiap Sabtu pukul 19.30 WIB, tepatnya di Panggung Malang Night Paradise.

“Dengan adanya penampilan Kris Dance ini, Museum Ganesya melihat adanya potensi besar untuk menarik pengunjung ke Hawai Waterpark Malang sebagai upaya  untuk bangkit dari Pandemi Covid-19,” pungkas Zura.

Di tempat yang sama, Sari salah satu pengunjung asal Sidoarjo saat diwawancarai www.beritamadani.co.id , mengatakan bahwa dirinya bersama keluarga merasa puas dan terhibur dengan adanya penampilan tarian ini, dan merasa ada sesuatu yang mistis sehingga sempat kaget dan merasa miris saat penari menusukkan keris ditubuhnya.

“Saya sangat puas sekali dengan adanya pertunjukan tarian ini, tetapi saya merasa miris saat penari menusukkan keris di tubuhnya. Dan saya juga merasakan ada aura mistis saat melihat atraksi yang di suguhkan oleh Hawai Waterpark Malang,” ucap sari.

Perlu diketahui selain Tari Keris Hawai Waterpark Malang juga menyajikan tarian-tarian Nusantara yang bertujuan untuk menghibur dan memanjakan pengunjungnya. (Yuni)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL