Kabupaten Kediri, www.beritamadani.co.id – Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri menjadi pilot project pengiriman perdana komoditas cabai menuju Jakarta. Program melalui PD Canda Birawa sebagai supplier ini merupakan bentuk dukungan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) dalam hal pemasaran.

Secara simbolis pengiriman perdana tersebut dilaksanakan di Balai Desa Kebonrejo pada Senin (21/11/2022). Acara itu juga dihadiri Dinas Pertanian serta Dewan Pengawasan PD Canda Birawa-Pare.

Hal ini seiring sudah waktunya panen para petani di daerah tersebut yang mayoritas penanam Cabai di lahan persawahan pada hamparan lereng Gunung Kelud sebelah utara dan timur, wilayah Kabupaten Kediri.

Direktur Utama PD Canda Birawa, Hans Sidharta mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri bersama BUMD berupaya mendukung secara maksimal untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani Cabai

Pengiriman perdana ke Jakarta ini adalah kerja sama dengan PT Pasar Induk Nasional yang merupakan anak usaha dari BUMD Jakarta yaitu perusahaan perdagangan Indonesia yang bergerak di bidang komoditas,” terang Hans seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Kediri, Selasa (22/11/2022).

“Kita akan mensupport 11 komoditas yang ada di BUMD Jakarta, dan salah satunya sebagai jalan pembuka adalah cabai. Nantinya 11 komoditas termasuk bawang merah, ikan, daging dan lain-lain akan bisa menjadi suatu kerja sama antara BUMD Jakarta dengan Kabupaten Kediri,” tambahnya.

Tujuan lain menurut Hans adalah pengiriman komoditas cabai ini adalah untuk menjaga kestabilan harga saat panen raya.

Kami akan terus mensupport petani dari Desa Kebonrejo ini untuk bisa berpartisipasi di dalam perekonomian secara nasional. Dan semoga kerja sama ini bisa berlanjut dan berkesinambungan sehingga harga cabai nasional bisa tetap stabil dengan baik,” ungkapnya.

“Sebagai stakeholder dari Pemerintah, kita juga membantu para petani di seluruh Kabupaten Kediri untuk bisa bekerja sama. Untuk itu para petani di Kabupaten Kediri diharapkan dapat meningkatkan kualitas dengan melihat jenis atau varietas yang laku di pasaran, memperhatikan kualitas tanah dan pupuk sehingga mendapatkan hasil yang unggul dengan harga yang tinggi,” papar Hans.

Sementara Kepala Desa Kebonrejo, Yoni Widarto menjelaskan, pada pengiriman perdana ini terdapat tiga varietas yaitu cabai besar, cabai rawit dan cabai keriting dengan total 3,6 ton.

“Pengiriman perdana ini merupakan suatu terobosan pemasaran dari produsen (petani) langsung ke konsumen Jakarta untuk meningkatkan dan menstabilkan harga khususnya di daerah sentra-sentra cabai,” ujar Yoni. (Kominfo Kab Kediri-Cak Panggah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Diskusi Keterkaitan Sains dan Teknologi dengan Eksistensi Manusia Sebagai Makhluk Spiritual</strong>
Next post <strong>Berikan Bantuan ABM Mas Dhito Bangkitkan Semangat Disabilitas</strong>