Buton Selatan, www.beritamadani.co.id – Dalam upaya menghasilkan benih jambu mete bermutu dan unggul, Kementan melalui BBPPTP Surabaya bekerja sama dengan Pemkab Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, sejak 2019 telah membangun nursery untuk komoditas jambu mete. Selasa (8/11/2022).

Produksi benih jambu mete dari Nursery Bombana pada 2022 sejumlah 100.000 batang dengan rincian 82.000 batang seedling dan 12.000 batang grafting, dengan varietas populasi Muna yang dapat digunakan untuk perluasan dan peremajaan seluas 900 Ha.

Kepala BBPPTP Surabaya Ir.Parlin Robert Sitanggang menyampaikan bahwa Nursery Bombana ini dibangun untuk menyediakan benih Jambu mete yang bermutu dan unggul, untuk mendekatkan dengan sentra pengembangan jambu mete di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Benih jambu mete akan disalurkan pada sentra jambu mete di Provinsi Sulawesi Tenggara, salah satunya yaitu Kabupaten Buton Selatan.

Kepala Dinas Buton Selatan La Ode Muhammad Idris, S.P., M.M.,  mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Perkebunan melalui BBPPTP Surabaya, yang telah menyalurkan benih jambu mete sejumlah 23.240 batang, untuk kegiatan perluasan dan peremajaan seluas 232.40 Ha di wilayah Kabupaten Buton Selatan.

Untuk diketahui, salah faktor penentu keberhasilan budidaya tanaman di tingkat petani adalah penggunaan benih bermutu. Saat ini penggunaan benih bermutu di tingkat petani relative rendah akibat terbatasnya ketersediaan dan aksebilitas terhadap benih unggul bermutu di kawasan pengembangan.

Oleh karena itu dengan ketersediaan benih jambu mete bermutu dan unggul ini, diharapkan bermanfaat bagi petani, dalam upaya perluasan dan peremajaan jambu mete di wilayah Buton Selatan. (Tim Publikasi BBPPTP Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>FKPOPT di BBPPTP Surabaya Mengadakan Pelatihan Pengelolaan OPT Tanaman Tembakau</strong>
Next post Inilah Manfaat Retinol untuk Wajah