Jombang, www.beritamadani.co.id – Dalam rangka memastikan penerapan ISO 9001 : 2015 di Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya berjalan efektif sesuai dengan standar internasional ISO 9001 : 2015, pada Senin, 14 November 2022, dilaksanakan kegiatan Surveillance ISO 9001 : 2015.

Opening seremoni kegiatan Surveillance ISO 9001 : 2015, dibuka oleh Kasubag Tata Usaha Rizki Ahadi, S.E., M.M. Dalam sambutannya Rizki menekankan pentingnya penerapan standar ISO 9001 : 2015 pada semua layanan BBPPTP Surabaya serta berharap semoga surveillance berjalan dengan lancar dengan hasil maksimal.

Kegiatan surveillance ini dilakukan oleh Sucofindo International Certification Services, ruang lingkup penerapan yaitu; Substansi Perbenihan dengan kegiatan Sertifikasi Mutu Benih dan Substansi Proteksi dengan kegiatan Sistem Informasi OPT (SIM) OPT, Sistem Layanan Dokter Tanaman (Sinanda), Sistem Bank Isolat (Sibulat) dan Layanan Produk Formulasi (Ladufor).

Auditor dalam kegiatan surveillance sebanyak 2 (dua) orang yaitu; Apreiska Gilang Ramadhan yang bertindak sebagai Audit Team Leader, dan Imam Hanapi sebagai auditor. Dari hasil surveillance, terdapat 5 (lima) temuan ketidaksesuaian dengan kategori observasi pada; Manajemen, SIM OPT, Sibulat dan Ladufor.

Dari hasil ini, BBPPTP Surabaya masih direkomendasikan mempertahankan sertifikat ISO 9001 : 2015 dengan nomor sertifikat: QSC01303, dengan kewajiban memperbaiki hasil temuan observasi tersebut maksimal 2 bulan dari waktu surveillance. (Tim Publikasi BBPPTP Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Mas Dhito Fasilitasi Kepemilikan Drone Bagi Petani Milenial</strong>
Next post <strong>Museum Gubug Wayang dan Museum Ganesya MOU dengan Hotel Grand Mercure Malang Mirama</strong>