Kota Malang, www.beritamadani.co.id –  Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigadir Jenderal TNI Primadi Saiful Sulun, S.Sos., M.Si., menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022, bertempat di halaman Balai Kota Malang, Jl. Tugu No.1, Kec. Klojen, Kota Malang. Senin (24/10/2022).

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Irup Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji, dan bertindak sebagai Danup Kepala Sekretariat Daerah Kota Malang, Drs. Achmad Mabrur. Diikuti sekitar 400 orang peserta dari berbagai Pondok Pesantren wilayah Malang.

Turut hadir dalam acara tersebut Danrem 083/BDJ, Danlanud Abd Saleh Malang (diwakili), Kapolresta Malang Kota, Danlanal Malang, Kasdim 0833/ Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang, Ketua DPRD Kota Malang, Kepala Pengadilan Negeri Malang, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang, Ketua FKUB Kota Malang, dan Ketua PC NU Kota Malang serta para tamu undangan.

Dalam amanat Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Wali Kota Malang Drs. Sutiaji dijelaskan, kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional pada tahun 2022 ini mengusung tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’.

Maksud tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’ adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Selain itu, Drs. Sutiaji juga mengungkapkan sedikit sejarah ketika Indonesia masih dijajah, para santri juga turut serta turun ke medan laga dan berperang melawan penjajah menggunakan senjata bambu runcing.

Dalam keterangan Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun saat ditemui usai kegiatan upacara menyampaikan, “Peringatan Hari Santri Nasional merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober, dengan tujuan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri, merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang digelorakan para ulama yang merupakan pengakuan resmi Pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI,” pungkasnya. (Pendiv2-Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Parmin Juara 1 Kategori Robusta KKSI ke-14 Tahun 2022</strong>
Next post <strong>Ketua Pansus Bacakan Hasil Pembahasan Ranperda RTRW Kota Malang Tahun 2022-2042</strong>